Welcome to my blog, hope you enjoy reading :)
RSS

Monday, August 27, 2012

10 Aturan Memberikan Komentar Pada Blog





Sumber: http://www.andaka.com/10-aturan-memberikan-komentar-pada-blog.php/comment-page-4#comment-34760

----------

Dapet artikel menarik nih dari si Coklat Baron tentang “10 Commandments Of Blog Commenting” atau sepuluh aturan dalam memberikan komentar pada blog. Hah?! Ngasi komentar pake aturan??!! Tunggu dulu, mari kita baca saja apa sih 10 aturan itu.
Kebanyakan dari kita berkunjung ke blog orang lain setiap hari dan meninggalkan komentar pada artikel yang kita sukai. Beberapa orang meninggalkan komentar pada blog lain untuk “meninggalkan jejak” dengan harapan meningkatkan traffik. Yang lain meninggalkan komentar karena mereka ingin berpartisipasi dan membuat teman baru. Dua alasan tersebut sah-sah saja. Namun banyak orang yang sering melupakan cara terbaik untuk melakukan sesuatu, termasuk memberikan komentar pada blog.
Nah, berikut adalah 10 Aturan Memberikan Komentar pada Blog:
1. Baca sebelum menulis – Sebelum menulis komentar, yakinkan kalau kita telah membaca dan mengerti postingan. Mengirim komentar dengan cepat yang tidak berhubungan dengan posting tidak akan memberikan blog kita beberapa pengunjung baru. Ulangi membaca komentar kita sebelum disubmit.
2. Sopan – Tata krama yang baik adalah hal penting ketika memberikan komentar pada blog lain. Kita tidak akan pergi ke rumah orang lain dan berperilaku tidak pantas kan? Sama halnya dengan blog. Hanyak karena kita tidak saling bertatap muka tidak berarti kita bisa bertingkah laku seperti idiot. Jika kita sopan, itu akan memudahkan kita di dalam membuat persahabatan baru dengan blogger lain.
3. Senyum – Emoticon bagus ditambahkan dalam memberikan komentar. Sebuah senyuman dapat membuat perbedaan besar. Bila memberikan pujian kepada penulis, senyumlah. Bila menyuarakan pendapat berbeda, senyumlah. Sebuah senyuman dapat mengeluarkan getaran persahabatan. Percayalah! :grin:
4. Kontribusi – Sebanyak mungkin, cobalah untuk meninggalkan komentar yang menambah nilai pada diskusi. Komentar seperti, “Saya juga!”, atau “Wow nice!” sering menyebabkan kerutan pada dahi dan menunjukkan bahwa pendapat kita tidak layak dibaca. Secara pribadi, aku tidak mempermasalahkan komentar seperti ini, tapi untuk blog lain, lebih baik untuk meninggalkan komentar yang mempunyai “nilai”.
5. Jangan rendah diri – Ketika melihat kesalahan pada sebuah postingan, atau tidak setuju dengan pendapat penulis, lakukan dengan cara yang baik. Kita bisa saja menjadi orang paling pintar sedunia namun jangan menyebabkan gesekan pada orang lain. Suarakan pendapat kita dengan cara yang bersahabat dan kita akan mendapat teman baru. Ingat, yang benar-benar baik tidak harus membual.
6. Ketika ragu, tanyalah – Ketika kita membaca sebuah posting yang kita sangat ingin berkomentar namun tidak bisa karena kita tidak mengerti benar, lakukan dan bertanyalah untuk klarifikasi. Kebanyakan penulis akan senang menguraikan secara terperinci pada postingan mereka. Kebanyakan penulis blog akan menghargai ketika pembaca mereka menunjukkan ketertarikan pada artikel dengan bertanya.
7. Buatlah kesan yang baik – Berkomentar pada blog lain adalah cara lain untuk memasarkan diri dan blog kita. Apabila kebanyakan komentar kita secara jelas adalah komentar hit and run untuk mendapatkan backlinks atau masuk ke dalam daftar “Top Komentator”, kita tidak sedang menggambarkan diri kita dengan baik. Menulis komentar yang berarti dan merespon pada komentar lain adalah cara yang bagus untuk meninggalkan kesan yang baik pada penulis blog dan pembacanya.
8. Jangan nyolot – Bila kita merasa perlu berkomentar pada sebuah postingan yang tidak kita suka atau pada sebuah artikel yang tidak kita setujui, jangan memulai dengan nyolot (flame-red). Hinaan, saling mengatai dan komentar yang sarkastik tidak akan memberi kita pembaca baru atau teman. Bila kita tidak dapat membantu namun merasa berlawanan dengan penulis, jangan membuang-buang waktu dan energi. Just leave. Ada ribuan blog yang dapat kita kunjungi.
9. Humor – Setiap orang suka tertawa yang sehat. Cobalah memasukan sedikit humor pada komentar kita. Bila kita dapat membuat penulis dan pemberi komentar yang lain tertawa, ada kemungkinan besar mereka akan berkunjung ke blog kita dan menjadi pembaca yang setia.
10. Kembalilah – Bila sudah selesai dengan semua hal di atas. Selanjutnya apa? Kita harus mencoba kembali pada blog yang kita kunjungi untuk berkontribusi. Itu cara terbaik untuk “meninggalkan jejak”. Kebanyakan penulis blog akan mengingat mereka yang secara reguler meninggalkan komentar dan biasanya menjadi pemberi komentar yang reguler juga pada blog orang tersebut.
Nah, demikian “10 Aturan Memberikan Komentar pada Blog” yang aku terjemahkan langsung dari blognya Brown Baron. Semoga dapat menginspirasi kita semua dan membuat dunia blog Indonesia menjadi lebih baik…
----------

Menarik ^^ Aku paling suka nomor 4, memberikan kontribusi komentar yang bermanfaat untuk sebuah postingan. Benar juga ya, jadi ngga asal comment saja :) Terima kasih atas artikelna yaa ^^


Love and Peace,
-MoNa-


6 CommentsChronological   Reverse   Threaded
qchie wrote on Feb 10, '10
iya bener Mona
Keka jg stuju dgn yg no 4
tp smua poin yg ditulis memang pnting sih
mooncatz wrote on Feb 10, '10, edited on Feb 10, '10
qchie said
iya bener Mona
Keka jg stuju dgn yg no 4
tp smua poin yg ditulis memang pnting sih
betul betul betul.. *ala upin.. eh ipin.. eh..*

jadi ngga asal komentar atau ngejunk ya ^^ (mengingatkan diri sendiri :D)
farikhsaba wrote on Feb 10, '10
thanks infonya...
mooncatz wrote on Feb 10, '10
thanks infonya...
sama-sama mbah ^^
butikonline83 wrote on Oct 8, '10
saya sering kayak gitu sebelum komment baca dulu tapi lama2 juga capek...hahaha..jadi bacanya secepat mungkin...tapi thanks juga informasinya..nambah ilmu nih... :D (ini tips dari sis juga)
mooncatz wrote on Oct 11, '10
saya sering kayak gitu sebelum komment baca dulu tapi lama2 juga capek...hahaha..jadi bacanya secepat mungkin...tapi thanks juga informasinya..nambah ilmu nih... :D (ini tips dari sis juga)
iya ^^ aku juga baca cepet asal intina dapet.. hihihi.. tapi suka males baca artikel yang agak berat xDDD sama-sama ya ^^
 
 
Post on MP: 9 Feb 2010
 
 

0 comments:

Post a Comment