Welcome to my blog, hope you enjoy reading :)
RSS

Wednesday, August 29, 2012

Empat Hal Yang Aku Terapkan Dalam Kehidupan Sehari-Hari



Setiap orang pasti memiliki nilainya sendiri-sendiri dalam menjalani kehidupan mereka masing-masing. Begitu juga dengan aku. Ada empat hal yang menjadi sandaranku dalam menghadapi hari-hariku selama ini. Prosesnya memang ngga mudah, karena sebagai manusia, kadang aku juga malas untuk melaksanakannya >.<" Namun dengan pembelajaran dan aplikasi yang terus-menerus serta selalu mengingat apa pengaruhnya nanti, aku bisa melaksanakannya :)


1. Bersikap Menyayangi Orang Lain

Siapa yang ngga tahu Mario Teguh? Seorang motivator dengan kata-kata sederhana yang memiliki makna super. Setiap hari Minggu, aku dan Opungku selalu menonton acara beliau, Golden Ways, di salah satu televisi swasta.

Ada kata-kata beliau yang selalu aku ingat. Aku lupa kata-kata lengkapnya apa, namun intinya adalah saat menghadapi orang lain, kita harus menunjukkan atau meyakinkannya dalam hati kalau kita menyayangi orang tersebut.

Memang ngga semua orang bisa kita sayangi. Ada saja orang di dalam hidup yang menghalangi kita untuk melangkah. Tapi siapa pun dia, berusahalah untuk menunjukkan padanya kalau kita menyayanginya. Dengan tulus. Karena dengan kita menghadapi dia dengan rasa sayang, maka kata-kata dan perbuatan kita padanya pun akan menjadi baik.

Lebih bagus lagi jika rasa sayang kita karena Allah :)

2. Memilih Pakaian

Pernah mendengar bahwa memanjangkan pakaian itu adalah dosa (well, ini ngga berlaku untuk para muslimah yah). Ada satu makna yang aku tangkap dari sini, yaitu untuk menghindari sifat sombong dan suka pamer. Dua dari sifat lemah manusia.

Entah berhubungan apa ngga, namun hal inilah yang membuatku enggan membeli pakaian yang harganya selangit (ngga mau beli atau ngga mampu beli? xD). Hahaha..

Berpakaian sederhana. Bukankah itu yang diajarkan oleh Rasul? Bahkan aku pernah membaca sifat zuhud Aisyah yang hanya memiliki dua potong pakaian. Ketika yang satu dicuci, yang satu dipakai T_T Jadi malu rasanya kalau kembali mengingat hal ini. *melirik lemari pakaianku*

Bukan, bukannya ngga mampu. Rasul dan Aisyah selalu menyedekahkan harta yang mereka dapatkan. Sehingga, dari pada aku membeli pakaian yang mahal, lebih baik uangnya aku sedekahkan. Lagipula pakaian-pakaian sederhana memang lebih aku sukai. Pakaian-pakaian yang dihasilkan oleh pedagang yang berasal dari negeri kita sendiri.

Benar atau ngga, menurut pendapatku membeli pakaian mahal juga akan mempengaruhi sisi psikologis yang memakai. Seperti pakaian yang sengaja dipanjangkan tadi.

Eh, tapi ini berlaku untuk diriku yah. Ini penerapan yang kulakukan berdasarkan pemikiranku saja.

3. Kita Adalah Apa Yang Kita Makan

"Ya ampun, Mbak Mona.. Makanan untuk kucing kok dibawa ke kantor..?"

Itu adalah kata-kata beberapa teman kantorku yang melihat kecilnya tempat makanku dan sedikitnya makanan yang kubawa.

Menurutku, kita adalah apa yang kita makan. Seorang teman kantorku mengingatkanku akan hadis "Makanlah saat merasa lapar dan berhentilah sebelum kenyang". Aku coba menerapkannya. Dan ya, dengan makan sedikit saja aku bisa hidup, untuk apa makan banyak? ;) Makan masakan Mama dan membawa masakan Mama ke kantor, selain untuk menghemat uang makan, juga membuat Mama senang.

Dan memang, kucing-kucingku di rumah lebih banyak makannya dibandingkan aku (dan masih saja menggangguku saat aku sedang makan -_-").

Ikan ini hanya cemilan buat Cimeng, kucingku -_-"

Menurutku, makanan dan pakaian berhubungan langsung ke hati dan sikap kita. Mungkin banyak yang ngga menyadarinya. Melihat kesederhanaan sahabat-sahabatku yang akhwat, aku mempercayai hal ini :)

4. Ngga Menjadi Parasit Bagi Orang Lain

Apapun yang kita lakukan, apapun yang kita inginkan, catat satu hal: jangan pernah merugikan orang lain. Apalagi mengambil hak milik orang lain. Jangan pernah merepotkan orang lain. Pokoknya jangan, apapun alasannya. Kita pasti bisa meraihnya sendiri, kita pasti bisa melakukannya sendiri. Jangan menjadi parasit bagi orang lain.


Itu adalah empat hal yang aku terapkan dalam kehidupan sehari-hariku. Itu adalah nilai-nilaiku. Semoga aku menjadi seseorang yang lebih baik setiap harinya. Amin.



Love and Peace,
-MoNa-


6 CommentsChronological   Reverse   Threaded
rizkisweetycutie wrote on Mar 27, '10
sugoi!

mb m0na
tengkyuh 4 sharing
:D
tengkyuh 4 remind
srisariningdiyah wrote on Mar 27, '10
Great dear :)
candlellight wrote on Mar 27, '10
hu uh mba' Mona... thank for sharing ya mb' :D
mooncatz wrote on Mar 27, '10
sugoi!

mb m0na
tengkyuh 4 sharing
:D
tengkyuh 4 remind
u're welcome, De :D
mooncatz wrote on Mar 27, '10
Great dear :)
makasih, mbak ari ^^
mooncatz wrote on Mar 27, '10
hu uh mba' Mona... thank for sharing ya mb' :D
u're welcome :D

 
 
Post on MP: 27 Mar 2010
 
 

0 comments:

Post a Comment