Welcome to my blog, hope you enjoy reading :)
RSS

Thursday, September 13, 2012

Baksos di Rutan Pondok Bambu Dengan Teman-Teman MP ^^



Hari Sabtu, 4 September 2010 kemarin, aku ikut Baksos MP Goes to Rutan di Rutan Pondok Bambu yang diadakan oleh Bunda Elly. Senangnya bertemu dengan teman-teman MP lainnya, yang sudah pernah bertemu walaupun yang baru bertemu ^^ Nanti saling add yaa. 

Di Rutan aku bertemu dengan Mbak Yuni lagi ^^ Dan sepanjang acara aku selalu ikut kemanapun Mbak Yuni pergi hihihi.. Oh iya, aku datang barengan sama Ario.

Pukul 4 sore aku sampai di Rutan. Walaupun sudah pukul 4 sore, matahari masih setia menggantung di langit. Teriknya sangat terasa saat kita berfoto bersama di depan Rutan (foto-foto pasti ;D). Sayang aku ngga membawa kamera sehingga ngga bisa upload. Teman-teman yang lain, nanti fotonya diupload yah ;D

Rutan Pondok Bambu terletak di Jl. Pahlawan Revolusi, Jakarta Timur. Sebelum masuk ke dalam Rutan, KTP harus dititipkan di bapak sipir di depan, tangan kita dicap, dan HP pun harus dititipkan. Jadi penasaran di dalam Rutan seperti apa. Agak seram juga jadinya. Lalu, setelah persyaratan untuk masuk ke dalam Rutan selesai dilakukan, kami pun diperbolehkan masuk.


Cap :D


Ternyata setelah masuk ke dalam Rutan dan mendengar penjelasan dari dua pembicara dari penghuni Rutan, ternyata Rutan ngga seseram yang kami kira pada awalnya (sudah membayangkan ada orang yang dipukulin, dll). Mirip dengan pesantren dimana selalu diadakan pengajian setiap hari Senin sampai Kamis.

Rutan Pondok Bambu ini penghuninya adalah wanita. Kepala Rutan memberi tahu kalau kapasitas Rutan yang hanya 600 orangan, saat ini dihuni oleh 1.000 orangan. Bisa membayangkan bagaimana saudara-saudara kita di sana? :( Di Rutan terlihat ada kantin yang menjual minuman botol dan wartel. Membuatku berpikir apakah hidup di Rutan itu membutuhkan biaya juga? 

Acara pun dimulai. Para MPers, penghuni Rutan, dan sipir berkumpul di musola Rutan. Terdapat sesi tanya-jawab dimana dua orang penghuni Rutan menjadi pembicaranya. Kalau ngga salah, namanya Mbak Farah dan Mbak Puji. Mereka masuk Rutan dengan kasus yang berbeda. Namun intinya adalah mereka masuk karena adanya pengaruh dari lingkungan. Hm.. Memang harus berhati-hati dalam memilih lingkungan.

Penghuni Rutan juga ada yang masuk Rutan karena mencuri mukenah :( Dan ada beberapa orang yang merasa difitnah. Positifnya, mereka merasa masuk ke dalam Rutan adalah ujian dari Allah.

Saat di dalam Rutan, tentunya masing-masing penghuni sudah memiliki planning untuk hidup secara lebih baik saat keluar dari Rutan nanti. Rencana demi rencana telah mereka siapkan. Namun, tak jarang mereka mendengar dari teman-teman mereka yang keluar lebih dulu dari Rutan bercerita mengenai image masyarakat terhadap mereka. Bahwa cap "pernah masuk penjara" memiliki nilai negatif pada masyarakat sekitar.

Setiap orang memang pernah melakukan kesalahan. Dan masuk ke dalam Rutan adalah ujian sendiri oleh Allah. Saat mereka sadar atas kesalahan mereka dan ingin memulai hidup baru, tugas masyarakatlah yang merangkul mereka dan mensupport mereka. Jangan malah dikucilkan atau dijauhi. Itulah pesan mereka terhadap masyarakat di luar sana, diiringi dengan beberapa buliran air mata.

Banyak hal yang bisa diambil hikmahnya dengan mengikuti acara ini. Sebenarnya ada lagi Baksos MP yang diadakan hari ini, yaitu Periksa Kesehatan Gratis untuk Anak Dhuafa di Master, Depok. Sayang aku ngga bisa ikut karena ada acara keluarga hari ini :( Untuk teman-teman yang datang Baksos MP hari ini, nanti sharing acaranya ya :)

Ayo, yang merasa membawa kamera kemarin, diposting ;D *ngga sabar*

Oh iya, kemarin aku baru tahu kalau Mbak Arie ternyata telah menikah ^^ Selamat ya, Mbak.. Pantas saja semakin cantik. Hihihi.. Auranya beda :D *sok tahu*

Oh iya, buat Laptopmini.. :( Semoga akunnya segera kembali ya. Nanti kalau contoh e-mailnya sudah sudah dipost sama Omali, Insya Allah aku ikut kirim.

Buat yang ikutan Baksos MP hari ini, semangat ya ^^ Sukses acaranya!

Ini update fotona yah. Sumber foto: http://deraisa.multiply.com/photos/album/20


Foto di depan pintu masuk Rutan. Panas x((


Sebelum acara dimulai


Love and Peace,
-MoNa-


20 CommentsChronological   Reverse   Threaded
nitafebri wrote on Sep 5, '10
Rame yaa Mona..
Iya nih cap alumni rutan gak asik bgt d masyarakat.
Btw gak boleh bawa hp yaa..
Pantesan aja kemaren pantengin mp gak ada yg update QN :)
itapage wrote on Sep 5, '10
Dicap seperti ke Dufan ya...:-)

Mana foto2nya?
yuniezalabella wrote on Sep 5, '10
Seneng deh kemarin bisa ketemu ma mona dan ario lg :>

doain yg hari ini lancar ya. Kita masih siap2 nih disini.
mooncatz wrote on Sep 5, '10
nitafebri said
Rame yaa Mona..
Iya nih cap alumni rutan gak asik bgt d masyarakat.
Btw gak boleh bawa hp yaa..
Pantesan aja kemaren pantengin mp gak ada yg update QN :)
iya, rame, Nit ^^ iya ngga boleh bawa HP, makanya ngga ada yang update QN ;) untung HPna disimpen di tasnya salah seorang MPer jadi lebih tenang
mooncatz wrote on Sep 5, '10
itapage said
Dicap seperti ke Dufan ya...:-)

Mana foto2nya?
iya, Mbak. becanda-becanda sama sipirnya di dalem kita naik wahana apa aja :))

fotonyaaaaa ayooo yang punya kamera.. diuploadd.. :DD
itapage wrote on Sep 5, '10
mooncatz said
di dalem kita naik wahana apa aja :))
hahahhaaa.....sel 1, sel2, dll

ada napi yg galak gak?
mooncatz wrote on Sep 5, '10
Seneng deh kemarin bisa ketemu ma mona dan ario lg :>

doain yg hari ini lancar ya. Kita masih siap2 nih disini.
seneng juga ketemu sama Mbak Yuni ^^

semoga hari ini baksosna lancar yaa, Mbak :D semoga ngga panas juga ngga hujan (mendung-mendung ajah) ditunggu foto-fotona, Mbak :D foto-foto kemarin juga ;)) hehehe
mooncatz wrote on Sep 5, '10
itapage said
hahahhaaa.....sel 1, sel2, dll

ada napi yg galak gak?
hahaha.. tiap sel berhadapan sama tiap napi.. *kabur aja deh*

eh tapi ngga ada napi yang galak kok, soalna kan perempuan semua :D lapas wanita. celingak-celinguk cari Andi Soraya (abis nonton gosip katana dia masuk Rutan Pondok Bambu) ngga ketemu Mbak.. xDD
itapage wrote on Sep 5, '10
mooncatz said
Andi Soraya (abis nonton gosip katana dia masuk Rutan Pondok Bambu) ngga ketemu Mbak.. xDD
lho..Andi Soraya yg dulu kumpul kebo sama Immanuel yg jg py anak dari dia 2 org itu? Kenapa lg dipenjara?
mooncatz wrote on Sep 5, '10
itapage said
lho..Andi Soraya yg dulu kumpul kebo sama Immanuel yg jg py anak dari dia 2 org itu? Kenapa lg dipenjara?
iya, Mbak. aku google "Rutan Pondok Bambu" di Google yang keluar malah berita-beritana dia (-_-") padahal pingin tahu lebih banyak tentang Rutan ini

Beritanya:
Andi terjerat kasus penganiayaan pada 2007 di sebuah kafe di wilayah Kemang, Jakarta Selatan. Pada tahap pertama, Majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menjatuhkan hukuman tiga bulan penjara. Tak terima dengan putusan, Andi mengajukan banding. Namun Pengadilan Tinggi DKI Jakarta memutuskan tiga bulan penjara dengan masa percobaan selama enam bulan. Hasil banding tersebut membuat jaksa tidak puas dan mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung. (MEL)

Sumber berita: http://berita.liputan6.com/hukrim/201009/294147/Andi.Soraya.Huni.Rutan.Pondok.Bambu
itapage wrote on Sep 5, '10
ooohh...thx infonya, terakhir aku pas msh di Indo, dia terkena kasus berantem ama cewek (artis jg keknya), rebutan cowokk gitu ya
evanda2 wrote on Sep 5, '10
iya nih, skrg lg berkutat dgn anak2 Master Depok... Buanyaaakkk bener... Hehehe
mfanies wrote on Sep 5, '10
ya terharu yah denger cerita mereka dsana...sedih bangeds......mereka ada yg masuk bukan karena bersalah masa
terus ada yg dipenjara..karena masalah kecil...kayak ambil mukena...kaga berperikemanusiaan hukum itu yah.......
rifzahra wrote on Sep 5, '10
Sayang aku g bs ikut :(
kyknya seru bgt ya, mon...
bundaelly wrote on Sep 6, '10
Horeeeeee! Ketemu monaaaaa :)
mooncatz wrote on Sep 6, '10
itapage said
ooohh...thx infonya, terakhir aku pas msh di Indo, dia terkena kasus berantem ama cewek (artis jg keknya), rebutan cowokk gitu ya
iya, Mbak, rebutan cowok. hihihi *gosip mode: on* :D
mooncatz wrote on Sep 6, '10
evanda2 said
iya nih, skrg lg berkutat dgn anak2 Master Depok... Buanyaaakkk bener... Hehehe
waw.. pasti rame dan seru ^^ ga sabar lihat review acarana :D
mooncatz wrote on Sep 6, '10, edited on Sep 6, '10
mfanies said
ya terharu yah denger cerita mereka dsana...sedih bangeds......mereka ada yg masuk bukan karena bersalah masa
terus ada yg dipenjara..karena masalah kecil...kayak ambil mukena...kaga berperikemanusiaan hukum itu yah.......
iya, Yo :( yang memproses juga harusnya lihat dulu kasusna apa ya.. hukum di Indonesia memang belum berjalan dengan baik.. semoga lebih baik ke depanna (amin)
mooncatz wrote on Sep 6, '10
rifzahra said
Sayang aku g bs ikut :(
kyknya seru bgt ya, mon...
seru, Mbak ^^ iya sayang.. tapi gpp, next time pasti ada baksos lagi kok :D
mooncatz wrote on Sep 6, '10
bundaelly said
Horeeeeee! Ketemu monaaaaa :)
Bunda Ellyyyyy *cipika cipiki* ^^ nice to meet u, Mbak

 
 
Posted on MP: 5 Sep 2010
 
 

0 comments:

Post a Comment