Welcome to my blog, hope you enjoy reading :)
RSS

Wednesday, September 12, 2012

Day 18 - Whatever Tickles My Fancy - Membuat Scrapbook



Kalau kemarin hasil scrapbooknya, sekarang aku mau memberi tahu proses membuat scrapbook ala Mona :D

Memang sebaiknya scrapbook dibuat dari kertas-kertas bekas yang masih bagus-bagus. Misalnya undangan pernikahan, gambar-gambar di majalah bekas, atau kalender tahun lalu. Karena kertas asli untuk membuat scrapbook tergolong mahal. Sayang kalau membeli kertas itu hanya untuk digunting-gunting.

Selain itu, alat-alat khusus untuk membuat scrapbook juga tergolong lumayan :( Tapi dengan gunting dan lem saja sebenarnya bisa kok ;) 

Karena hobi ini memang sudah ada sejak dulu, alhamdulillah banyak sahabatku yang suka menghadiahkan alat-alat scrapbook ini saat aku ulang tahun ^^ *senang-senang* Salah satunya adalah alat untuk memotong kertas. Tahu kan alat pemotong kertas agar rata untuk menjilid yang ada di tukang foto kopi? Ya, ada yang menghadiahkan aku itu ^^ (terima kasih yaa) Senang sekali.

Sekarang aku pingin posting caraku membuat scrapbook :) Tapi belum ahli (-_-")

Seperti menulis, membuat scrapbook pun harus dipikirkan temanya, mau membuat seperti apa. Misalnya sekarang aku menemukan sebuah kalender meja bekas. Kayana seru juga kalau kalender itu dijadikan seperti bingkai foto :D


Kalender meja bekas, kertas tanggalannya sudah dihilangkan


Lalu dari sebuah robekan majalah, aku ambil robekan ini :) Cari yang pola di atas kertasna menarik perhatianmu.


Aslinya iklan.. Kututup iklanna xDD


Ini dia alat pemotong kertas


Potongan dari majalah tadi dirapihkan dulu pinggiranna


Potongan majalahna lebih besar dari dasarna, yaitu kalender bekas. Sebaikna jangan langsung dipotong. Dilipat ke belakang saja.


Belakangna dilem dengan ini, double tip


Yang dipakaikan double tip di pojok kiri, pojok kanan, dan tengah


Untuk menutupi gambar iklan, ada bekas undangan pernikahan (hayo.. punya siapakah ini? xDD)


Sama seperti tadi, dipotong untuk menyesuaikan ukuranna


Taraaaa.. Sesuai ^^ Tinggal ditempel :)


Ujung yang lancip ini bisa dibuat melengkung biar terlihat lebih bagus :)


Ini alat untuk membuat ujung menjadi melengkung


Ini dia hasilna, jadi melengkung


Tinggal dihias dengan potongan-potongan kertas kecil yang kusimpan


Ditambahkan tempat untuk menaruh foto berupa tempat kartu bekas :D


Yang satu ditaruh di kanan bawah (suka-suka saja mau taruh dimana ^^) Aku tempel dengan menggunakan selotip


Ditempel potongan kertas untuk menghilangkan selotip


Yang satu lagi ditempel di pojok kiri atas


Tempel potongan kertas untuk menghilangkan selotip


Bagian yang masih kosong ditulis-tulis biar terlihat penuh


Yang ini juga ditulis-tulis


Header ditempel kertas kosong yang ujung-ujungna dibuat melengkung dengan alat melengkung tadi


Ditulisi


Kertas tempelan juga bisa ditulisi :D


Taraaa.. Selesai :D


Tinggal dikasih foto, jadi deh ^^


Selesai :D Karena lebaran akan menjelang, seru juga membuat kartu lebaran sendiri ^^ Kalau mau lihat yang lebih bagus, search "scrapbook" saja di Google yaa :D


Love and Peace,
-MoNa-


17 CommentsChronological   Reverse   Threaded
mfanies wrote on Aug 23, '10, edited on Aug 23, '10
pertamax gan....
scrapbooking hasilnya keren
heheh...tutorialnya bener2 detail..bisa bikin jasa usaha scrapbooking ni......
bisnis2
itsmearni wrote on Aug 23, '10
wah keren ...........
aku juga suka bikin siy
tapi gak sebagus punya mona :-)
qchie wrote on Aug 23, '10
ntar Keka coba jg ah :D
mooncatz wrote on Aug 23, '10, edited on Aug 23, '10
@Ario: gimana carana, Yo? *bau-bau bisnis* :DD
mooncatz wrote on Aug 23, '10
itsmearni said
wah keren ...........
aku juga suka bikin siy
tapi gak sebagus punya mona :-)
makasih, Mbak ^^ punyaku juga belum bagus :D masih harus banyak belajar.. :D ayo Mbak sama-sama membuat ^^
mooncatz wrote on Aug 23, '10
qchie said
ntar Keka coba jg ah :D
ayo, Keka, coba buat :D
mfanies wrote on Aug 24, '10
mooncatz said
@Ario: gimana carana, Yo? *bau-bau bisnis* :DD
ya bikin contoh2, upload gambar di internet, terus dijual via online..pake website...gmana klo gitu....
mooncatz wrote on Aug 24, '10
mfanies said
ya bikin contoh2, upload gambar di internet, terus dijual via online..pake website...gmana klo gitu....
mmm.. emangna ada yang mau beli? xDDD
mfanies wrote on Aug 24, '10
mooncatz said
mmm.. emangna ada yang mau beli? xDDD
ada2 laku, di internet laku, ada yg beli
bahkan ada toko khusus scrapbook..ada prospek klo emang serius
mooncatz wrote on Aug 24, '10
mfanies said
ada2 laku, di internet laku, ada yg beli
bahkan ada toko khusus scrapbook..ada prospek klo emang serius
waw.. tertarik, sungguh :D kayana bisa nih kalo diperdalam :"> makasih ya, Yo ^^
mfanies wrote on Aug 24, '10
yoii..di deket rumah gw, ada yg jual scrapbook, lengkap segala jenis, tau ndak harganya satu kertas aja itu....muahal bangeds, tp laku2 jg
makanya klo bisa produksi sendiri...lebih murah...heheh
mooncatz wrote on Aug 24, '10
mfanies said
yoii..di deket rumah gw, ada yg jual scrapbook, lengkap segala jenis, tau ndak harganya satu kertas aja itu....muahal bangeds, tp laku2 jg
makanya klo bisa produksi sendiri...lebih murah...heheh
hihihi.. kayana seru :D makasih ya Yo, masukanna ^^
cinderellazty wrote on Aug 26, '10
ooooooooo
mooncatz wrote on Aug 27, '10
ooooooooo
hahaha :DD
keluargabahgia wrote on Nov 29, '10
wah cuanggih dah monmonmon.... *eh panggilannya berubah.... :p

kayakna perlu kursus padamu nih daku, secara diriku hanya pengagum scrapbook tap tak pernah buat, ha ha parah :D
mooncatz wrote on Nov 30, '10
wah cuanggih dah monmonmon.... *eh panggilannya berubah.... :p

kayakna perlu kursus padamu nih daku, secara diriku hanya pengagum scrapbook tap tak pernah buat, ha ha parah :D
berkreasi sendiri aja Mbak :D pasti bisa kok.. tapi aku pake barang-barang bekas soalna kalo yang bagus mahaaalll T_T
keluargabahgia wrote on Nov 30, '10
mooncatz said
berkreasi sendiri aja Mbak :D pasti bisa kok.. tapi aku pake barang-barang bekas soalna kalo yang bagus mahaaalll T_T
hehehe... ntar nyoba dulu deh... ^^

 
 
Posted on MP: 22 Aug 2010
 
 

0 comments:

Post a Comment