Welcome to my blog, hope you enjoy reading :)
RSS

Wednesday, September 5, 2012

Hendaknya Masyarakat Memulai Aktivitas Tersebut





Kita harus memahami desakan Rasulullah Saw. dengan memulai dari diri sendiri dengan segenap kemampuan untuk melaksanakan kegiatan dan mendorong secara maksimal dengan mencukupi kebutuhannya dengan memilih jalan hidup yang mulia. Pekerjaan merupakan kehormatan bagi seseorang, sedangkan kejahatan merupakan aib dan cela. Dari Anas ra. Ia berkata:

”Seseorang dari kalangan Anshar menghadap Rasulullah Saw. Ia bertanya kepada nabi, apa yang dapat ia sedekahkan”. Kemudian Rasulullah Saw. bertanya; ”Apakah di rumahmu ada sesuatu?” Ia menjawab; ”Ya, ada alas pelana sebagian kami pakai dan sebagian yang lain kami simpan dan baskom tempat kami minum air,” Rasulullah Saw. berkata; ”Bawalah kedua benda itu kemari”. Kemudian ia datang membawa kedua benda tersebut. Lalu Rasulullah Saw. mengambil kedua benda tersebut seraya bertanya; ”Siapa yang membeli keduanya”. Laki-laki itu menjawab; ”aku membelinya dengan harga dua dirham dan ia menyerahkan dua benda tersebut”. Lantas Rasulullah Saw. memberikan dua dirham dan menyerahkannya pada orang Anshar itu seraya berkata; ”belilah nasi dengan uang satu dirham dan bagikanlah kepada keluargamu dan belilah kapak dengan uang satu dirham. Setelah itu kemarilah dengan kapak tersebut.”

Kemudian ia datang kepada Rasulullah Saw. dengan membawa kapak. Nabi lalu mengikatkan kayu dengan tangannya dan bersabda: ”Pergilah, cari kayu dan juallah. Jalani selama lima belas hari.” Kemudian ia melaksakan perintah Nabi. Ia datang dan telah memperoleh 10 dirham. Kemudian ia berbelanja pakaian dan makanan, kemudian Rasulullah Saw. bersabda: ”Kondisi ini lebih baik dari pada engkau datang dengan wajah ternoda pada hari kiamat” (diriwayatkan oleh al-Bukhori dari Anas).

Namun, lebih dari semua itu, Rasulullah Saw. telah menunjukkan sikap kagum dan penghargaan kepada pemuda yang bekerja keras dan berusaha sekuat tenaga, ia berangkat dari rumah pagi-pagi untuk mengais rezeki mendahului pemuda-pemuda yang lain. Kemudian sebagian sahabat berkata: celakalah ia! Andai saja ia berjuang di jalan Allah. Kemudian Rasulullah Saw. memprotes mereka:

Jika mereka bekerja untuk menafkahi kedua orang tuanya yang sudah tua maka ia juga berjuang di jalan Allah. Jika ia bekerja untuk menafkahi anak-anaknya yang masih kecil maka ia juga berjuang di jalan Allah. Jika ia bekerja untuk menafkahi dirinya sendiri dan mensucikan dirinya maka ia juga berjuang di jalan Allah. Namun jika ia bekerja dengan niat pamer dan kebanggaan maka ia berada di jalan syetan. (diriwayatkan oleh al-Bukhori dari Anas).

-----------

Tulisan diambil dari buku berjudul Mengapa Remaja Cenderung Bermasalah?, Sebab-Sebab dan Terapinya Dalam Islam karangan Muhammad Najib Salim, terbitan Inspirasi yang sedang aku baca. Subbab Hendaknya Masyarakat Memulai Aktivitas Tersebut. Hanya penasaran dengan judulnya, dan mungkin dengan mengetahui mengapa, bisa membantu jika tahu jalan keluarnya ^^

Tampaknya makna tulisan di atas, lebih baik memulai aktivitas dengan bekerja dibandingkan dengan menganggur atau melakukan aktivitas lain yang ngga berguna.

Hanya untuk mengingatkan diri sendiri tentang makna bekerja (karena belakangan ini aku malas sekali) :( Ternyata bekerja termasuk berjuang di jalan Allah ya (pekerjaan yang baik tentunya, dengan penghasilan yang halal) ;) Semangat untuk mencari penghasilan yang lebih besar. Karena semakin besar penghasilan, semakin besar juga kesempatan kita untuk bersedekah ^^

*postingan di hari Rabu siang yang malas*

Eh ngga boleh malas.. Ayo semangat! ^^ Have a nice Wednesday, everyone \^o^/


Love and Peace,
-MoNa-


4 CommentsChronological   Reverse   Threaded
evanda2 wrote on Jun 9, '10
ikut jd rada semangat nih .... ^_*
mooncatz wrote on Jun 9, '10
evanda2 said
kut jd rada semangat nih .... ^_*
ayo semangat ^^
mfanies wrote on Jun 9, '10
kerja2 yah....lalu sedekah yg banyak....oke2...
mooncatz wrote on Jun 11, '10
mfanies said
kerja2 yah....lalu sedekah yg banyak....oke2...
iya maksudna itu :DD yok ayok.. ^^
 
 
Posted on MP: 9 Jun 2010
 
 

0 comments:

Post a Comment