Welcome to my blog, hope you enjoy reading :)
RSS

Thursday, September 13, 2012

Ketika Aku Punya Adik



"Selamat ya, Mona, sekarang kamu jadi kakak." Kata suster sambil tersenyum padaku saat dia keluar dari ruangan dimana adikku lahir. Aku senang sekali. Kakek, nenek, tante, dan Om-ku semuanya menyelamatiku. Katanya aku akan menjadi seorang kakak. Sepertinya itu hal yang menyenangkan. Saat itu aku berusia dua tahun.

Adikku yang pertama bernama Affan, seorang adik laki-laki. Dia gemuk sekali. Saat aku melihat foto-foto masa kecilnya dulu, dia lucu memang. Dengan rambut keriting, kulit putih, dan tubuh yang gempal. Aku ngga iri dengan tubuhnya. Tapi aku iri dengan adanya pembagian perhatian dari yang tadinya selalu aku, menjadi dominasi ke dia. Tapi, ngga apa-apalah. Kata Mamaku, kakak itu harus mengalah karena adik belum tahu apa-apa.

Adikku suka sekali minum susu. Beda denganku yang kadang-kadang harus dipaksa dulu. "Tuh, Affan saja mau minum susu. Masa kamu ngga?". Uh.. Waktu itu gerah sekali mendengar kata-kata itu.

"Affan, kulitmu putih sekali ya. Tuh, Mona, kamu kebanyakan main sih, kulitmu jadi hitam deh." 

"Mona, ya ampun, kenapa sih susunya ngga diminum? Pantas kamu kurus seperti tiang listrik. Lihat dong Affan yang rajin minum susu." Dan saat itu aku selalu kesal setiap melihat tiang listrik.

Apa ini? Kenapa aku suka dibandingkan? Memang kenapa kalau kulitku hitam dan aku ngga suka minum susu?

Dan mulai saat itu, aku mulai sering ngambek. Kalau tidur harus dipeluk mama atau papaku, ngga mau berbagi mainan atau makanan dengan adikku, dan ngambek-ngambek kecil lainnya yang sepertinya merepotkan banyak orang pada saat itu.

Saat aku berusia lima tahun, mama akan melahirkan si bungsu. Saat itu aku berharap memiliki adik perempuan agar bisa kompakan dalam banyak hal. Punya adik perempuan sepertinya akan lebih menyenangkan dibandingkan dengan memiliki adik laki-laki. Aku membayangkan memakaikannya baju, menyisir rambutnya, bermain boneka bersamanya, ah.. Ngga sabar rasanya menunggu adik perempuanku lahir.

Hari kelahiran pun datang. Adikku sudah lahir saat aku dalam perjalanan ke bidan. Sampai di kamar mama, aku lihat si adik sedang disusui mama. Senang sekali! Namun aku kecewa saat aku menghampirinya, ternyata adikku ini laki-laki lagi.

Marah. Kesal. Kecewa. Dan saat itu, semua salah mama. Kenapa sih mama ngga melahirkan adik perempuan saja? Tanteku bahkan bergurau melihatku menangis saat kesal, "Mon, kamu tante kasih uang untuk membeli tepung terigu dan telur ya. Nanti di rumah, minta mamamu untuk membuatkan adik perempuan buatmu." Katanya diiringi tawa tante dan om-ku yang lainnya.

Ternyata aku percaya hal itu dan kembali marah saat tepung terigu dan telur sudah kubeli, adik perempuanku ngga kunjung ada. Tante yang melemparkan lelucon tadi pun dimarahi nenekku, "Jangan ajak anak kecil bercanda seperti itu!" Kata beliau.

Adik bungsuku bernama Resha. Satu lagi bencana bagiku saat itu. Aku perempuan sendiri dan kedua adikku laki-laki. Mereka lebih suka bermain mobil-mobilan dari pada boneka. Mereka suka bermain perang-perangan. Karena merasa sepi, aku suka ikut mereka bermain perang-perangan. Dan selalu menangis karena mereka memukulnya betulan. Kan sakit. Kata mereka saat itu, "Dasar cewek!" dengan gaya sok tua.

Hal inilah juga yang membuatku lebih menyukai Dragon Ball, Saint Seiya dan Ksatria Baja Hitam dibandingkan dengan Sailor Moon atau Magic Knight Rayerth. Karena yang kutonton di rumah adalah kartun-kartun cowok.

Kalau mengingat dulu, rasanya lucu sekali. Padahal kalau diingat-ingat, sebenarnya lebih enak jadi anak perempuan sendiri karena ngga ada saingan cantik. Hahaha.. Dan kalau mengingat masa-masa itu saat ini dengan adikku-adikku, kami selalu tertawa-tawa.

Dan memiliki saudara laki-laki ternyata banyak enaknya. Mereka siap mengantar kapan saja dan kemana saja. Dan menjemputku kalau aku pulang kemalaman. Kalau bertukar pikiran dengan mereka, jadi tahu bagaimana suatu masalah dipandang dari sudut logika, dibandingkan dengan dari pandangan perempuan yang memandang permasalahan mayoritas dari perasaan atau hati.

Ada saranku untuk para orang tua (bisa ibu, ayah, kakek, nenek, tante, om), agar ngga membanding-bandingkan anak kecil. Mereka ngga suka dibanding-bandingkan. Biarkan mereka tumbuh dengan apa adanya mereka. Para orang tua tinggal mengarahkan saja (pengalaman nih, hehehe). Saat ini aku mengerti maksudnya baik. Tapi waktu kecil, aku mana tahu. Mungkin selain dibanding-bandingkan, ada hal lain yang lebih efektif mungkin.

Dan yang kusukai dari mama dan papaku adalah semuanya sama, harus saling berbagi. Misalnya kita hanya punya satu bungkus biskuit, maka biskuit itu harus dibagi tiga. Ngga ada yang namanya dibelikan satu-satu. Dampaknya? Aku dan adik-adikku selalu saling berbagi apa pun itu.

Dan sekarang, aku sangat sayang adik-adikku :)




-----------

Lihat jurnalnya Simbah di sini, yang memberikan link ke Lomba Menulis 'Ketika Balitaku Punya Adik'. Tiba-tiba jadi ingat bagaimana aku sewaktu kecil, saat merasakan punya adik :D Jadi pingin sharing sekaligus ikutan ^^

Update 11 Oktober 2010

Alhamdulillah aku menang juara tiga di sini ^^ Terima kasih, Mbak Ida ^^ *ceneng ceneng*


Love and Peace,
-MoNa-


32 CommentsChronological   Reverse   Threaded
destipurnamasari wrote on Sep 20, '10
pertamax
mfanies wrote on Sep 20, '10, edited on Sep 20, '10
wah..mona jd kakak yg baik yah...bagus2......
sippp..perhatian sama adik2nya....
enak donk dianterin terus....hahaha...bny bodyguard
eh gw kirain itu nambah adik lg...haha..
fudhaildoank wrote on Sep 20, '10
wah...wah....mirip semua ternyata.... *ya iyalah kan saudaraan....... ;))
itsmearni wrote on Sep 20, '10
hehehe
adikku juga laki-laki mbak, cuma beda setaun umurnya
n bulan depan mo merit

jadi inget jaman dulu pas masih dikendari
malam minggu klo aku lagi gak ada yang ngapelin (uhuk uhuk..........) n dia lagi gak ngapel kemana-mana (uhuk uuhuk lagi.......) kami sering jalan2 berdua kepantai ato sekedar makan keluar, naik motor ...............udah kayak orang pacaran deh hahaha
seruwwwwwwwwww
sampe sekarang kami juga masih akrab n sering curhat2an wlopun udah beda kota ;-)
nisachem05 wrote on Sep 20, '10
mb mona..
keknya aku jg pernah liat ade2mu deh mb..

dulunya sd 01 bukan?
yuniezalabella wrote on Sep 20, '10
Aku malah pengen nya punya abang laki2 :p

semoga Mona dan adik2nya sll slg menyayangi ya. Amin
mooncatz wrote on Sep 20, '10
pertamax
hahaha.. good.. good ^^
mooncatz wrote on Sep 20, '10
mfanies said
wah..mona jd kakak yg baik yah...bagus2......
sippp..perhatian sama adik2nya....
enak donk dianterin terus....hahaha...bny bodyguard
eh gw kirain itu nambah adik lg...haha..
yuppp bodyguard gw ada 2.. hahaha aduhh udah jangan nambah adik lagiiii xDD
mooncatz wrote on Sep 20, '10
wah...wah....mirip semua ternyata.... *ya iyalah kan saudaraan....... ;))
hahaha iya, mas, tandana sodara kandung =))
mooncatz wrote on Sep 20, '10
itsmearni said
hehehe
adikku juga laki-laki mbak, cuma beda setaun umurnya
n bulan depan mo merit

jadi inget jaman dulu pas masih dikendari
malam minggu klo aku lagi gak ada yang ngapelin (uhuk uhuk..........) n dia lagi gak ngapel kemana-mana (uhuk uuhuk lagi.......) kami sering jalan2 berdua kepantai ato sekedar makan keluar, naik motor ...............udah kayak orang pacaran deh hahaha
seruwwwwwwwwww
sampe sekarang kami juga masih akrab n sering curhat2an wlopun udah beda kota ;-)
wahhhh Mbak Arni romantis sekali sama adikna ^^ kalo adikku cenderung cuek, ga bisa diajak romantisan (-_-") salam buat adikna ya, Mbak ^^ semoga menjadi keluarga yang sakinah
mooncatz wrote on Sep 20, '10
mb mona..
keknya aku jg pernah liat ade2mu deh mb..

dulunya sd 01 bukan?
wah.. iya, Nisa.. aku juga 01 :D kamu 01 juga? *dunia tambah sempit* ^^
mooncatz wrote on Sep 20, '10
Aku malah pengen nya punya abang laki2 :p

semoga Mona dan adik2nya sll slg menyayangi ya. Amin
iya, rasana kalo punya abang laki-laki, ada yang jadi pelindung ya, Mbak ^^ amin, makasih doana, Mbak ^^
sauoni wrote on Sep 20, '10
waah, 2 adekku cewek semua, kakakku cewek juga (cowok sendiri dari 4 bersaudara)
salut2 ... patut dicontoh tuh ...
azizrizki wrote on Sep 20, '10
so sweeeeet
^_^
mooncatz wrote on Sep 20, '10
sauoni said
waah, 2 adekku cewek semua, kakakku cewek juga (cowok sendiri dari 4 bersaudara)
salut2 ... patut dicontoh tuh ...
wahh kalo aku paling cantik sendiri, berarti kamu paling cakep sendiri *geer mode: on*
mooncatz wrote on Sep 20, '10
azizrizki said
so sweeeeet
^_^
makasih, Kiki.. ^^
sauoni wrote on Sep 20, '10
mooncatz said
wahh kalo aku paling cantik sendiri, berarti kamu paling cakep sendiri *geer mode: on*
iya, aku paling ganteng (laiyalah lainnya cewek)
afsharry wrote on Sep 20, '10
gw bahkan lupa kejadian pertama kali gw punya ade, he just exist, that's it..
mooncatz wrote on Sep 20, '10
sauoni said
iya, aku paling ganteng (laiyalah lainnya cewek)
hahaha itu enaknya :D biasana karena cewek atau karena cowok satu-satunya, lebih dijaga loh :DD
mooncatz wrote on Sep 20, '10
afsharry said
gw bahkan lupa kejadian pertama kali gw punya ade, he just exist, that's it..
passhhhaaaaaaaaa...... kakak lo nehhhh.. *ngadu*
sauoni wrote on Sep 20, '10
mooncatz said
hahaha itu enaknya :D biasana karena cewek atau karena cowok satu-satunya, lebih dijaga loh :DD
ah masa sih? ga juga ah. bokap nyokap ninggalin aku ama kakak aku malahan demi adek2ku
mooncatz wrote on Sep 21, '10
sauoni said
ah masa sih? ga juga ah. bokap nyokap ninggalin aku ama kakak aku malahan demi adek2ku
karena mereka masih kecil mungkin :) kakak biasana harus ngalah ;D
sauoni wrote on Sep 21, '10
mooncatz said
karena mereka masih kecil mungkin :) kakak biasana harus ngalah ;D
paling kecil kelas 2 SMP
mooncatz wrote on Sep 21, '10
sauoni said
paling kecil kelas 2 SMP
2 smp masih abg yah :D sedang proses mencari jati diri *jadi inget masa smp*

adikku paling kecil baru masuk kuliah, tapi enakna kalo sama mereka, bisa diajak diskusi jadi aku ngga selalu ngalah :D misalna saat semuana lagi sibuk, siapa yang nemenin mama saat mau pergi supaya mama ngga pergi sendirian. kalo diajak ngobrol & diskusi, adik-adikku mau ngalah :D mungkin bisa dicoba dengan mencoba mengajak diskusi mereka dulu ;)
sauoni wrote on Sep 21, '10
mooncatz said
2 smp masih abg yah :D sedang proses mencari jati diri *jadi inget masa smp*

adikku paling kecil baru masuk kuliah, tapi enakna kalo sama mereka, bisa diajak diskusi jadi aku ngga selalu ngalah :D misalna saat semuana lagi sibuk, siapa yang nemenin mama saat mau pergi supaya mama ngga pergi sendirian. kalo diajak ngobrol & diskusi, adik-adikku mau ngalah :D mungkin bisa dicoba dengan mencoba mengajak diskusi mereka dulu ;)
iya, diskusinya sih bisa aja tapi nunggu setaun lagi pas bulan ramadhan. maklumlah adek2ku itu di pesantren Gontor di daerah Mantingan sana ...
cinderellazty wrote on Sep 21, '10
mirip2 monce heuheu
mooncatz wrote on Sep 21, '10
sauoni said
iya, diskusinya sih bisa aja tapi nunggu setaun lagi pas bulan ramadhan. maklumlah adek2ku itu di pesantren Gontor di daerah Mantingan sana ...
oww.. ketemuna setahun sekali? mereka baru boleh pulang setahun sekali ya.. :( hm.. setiap ketemu rasana agak aneh ngga? soalna kan jarang ketemu :D kangen banget mungkin ya ^^
mooncatz wrote on Sep 21, '10
mirip2 monce heuheu
hihihi iyaaaa.. Anty udah lihat waktu di rumahku kan? :D
sauoni wrote on Sep 21, '10
mooncatz said
oww.. ketemuna setahun sekali? mereka baru boleh pulang setahun sekali ya.. :( hm.. setiap ketemu rasana agak aneh ngga? soalna kan jarang ketemu :D kangen banget mungkin ya ^^
iya, kalo tiap ketemu ya biasa aja ga ada yang aneh. kalo kangen ya pasti laah ... :D
mooncatz wrote on Sep 22, '10
sauoni said
iya, kalo tiap ketemu ya biasa aja ga ada yang aneh. kalo kangen ya pasti laah ... :D
hahaha aku belum pernah jauh dari keluarga kecilku jadi belum ngerasain :D kalo udah nikah nanti, pasti akan kangen sama mereka :')
qchie wrote on Sep 25, '10
Mona dan sodara-sodaranya mirip bgt smuanya :D
mooncatz wrote on Sep 27, '10
qchie said
Mona dan sodara-sodaranya mirip bgt smuanya :D
tandana ngga ada yang sodara tiri :DDD

 
 
Posted on MP: 20 Sep 2010
 
 

0 comments:

Post a Comment