Welcome to my blog, hope you enjoy reading :)
RSS

Wednesday, September 5, 2012

Liputan Event KKI: Nonton Film Rusia Berjudul The Cranes Are Flying




Aih.. Acara komunitasku sendiri malah lupa aku posting (-_-")

Satu lagi acara sukses yang diadakan oleh KKI ^^

Hari Minggu tanggal 16 Mei 2010 kemarin, KKI (Komunitas Klasik Indonesia) bekerja sama dengan KBR (Kedutaan Besar Rusia) mengadakan event Pemutaran Film Rusia "Cranes Are Flying" (Peraih Palme d'or Festival Film Cannes 1958), for free.
Saat berangkat, di tengah jalan hujan cukup deras pun mengguyur Jakarta. Aku saat itu berangkat dengan Pritha. Kita khawatir sekali karena kalau hujan biasanya jumlah peserta yang datang menjadi berkurang T_T.. Tapi alhamdulillah, yang datang ada 40 orang ^^ Lumayan. Plus kita diliput oleh Tempo. Aduh senangnya ^^v

Rupa-rupanya, wartawan Tempo itu memperkirakan yang datang ke acara ini adalah orang-orang tua pencinta sejarah (mungkin dia lihat tahun filmnya saja 1958). Ternyata? Anak muda semua ^^ See, anak muda pun mencintai sejarah. Hihihi..


Panitia punya dress code, yaitu: batik.

Kami pun mendapat kehormatan dengan hadirnya Pak Dubes Rusia ^^ Hm.. Aduh.. Aku lupa nama beliau T_T *kebiasaan* Maaf yaa, Mister..

Salah seorang yang bekerja di KBR bernama Mbak Dian memperbolehkan kita menggunakan ruangan menonton yang ada di Pusat Kebudayaan Rusia. Karena temanya adalah menonton film klasik, maka kita menonton film klasik Rusia yang berjudul The Cranes Are Flying.


The Cranes Are Flying


Film ini meraih Palme d'or Festival Film Cannes pada tahun 1958. Filmna bagus ^^ Reviewna bisa lihat di sini: http://mooncatz.multiply.com/reviews/item/38

Oh iya, karena digicamku error (hm bukan error sih, aku hanya ngga mengerti gimana cara mengganti tanggal xDD), maka yang tertera di foto-foto adalah tahun 2007 *baru sadar setelah foto dipindahkan ke komputer* T_T

Lihat-Lihat

Karena hari ini adalah pertama kalinya aku ke pusat kebudayaan suatu negara (beda dengan beberapa anak KKI yang lain yang suka masuk-keluar pusat kebudayaan suatu negara), maka aku menjadi norak xDD Semuana aku foto ;))


Acarana diadakan di Pusat Kebudayaan Rusia, di gedung ini
Masih sepi memang, itu temanku Tio, sudah datang



Acara tersebut diadakan dalam rangka 60 tahun persahabatan antara Rusia dan Indonesia


Sewaktu baru sampai di Pusat Kebudayaan Rusia tersebut, satpamnya ngga memberi izin kita untuk masuk. Rupanya, pihak penyelenggara dari KBR belum berkoordinasi dengan Pak Satpam atas adanya acara ini. Alhamdulillah Mbak Dian, perwakilan dari KBR telah mengklarifikasikannya kepada Pak Satpam sehingga kami pun diperbolehkan masuk (saat itu peserta belum datang, baru panitia-panitianya saja).


Saat masuk, tampak bendera Rusia dikibarkan di depan gedung


Jangan lupa pakai tanda visitor ^^ Kabarnya, Pusat Kebudayaan Rusia terhitung ketat pengamanannya


Masih di depan pintu masuk. Menunggu Mbak Dian datang


Saat masuk ke resepsionisnya, kita disambut oleh lukisan Rusia yang besar ini


Beberapa banner dipajang di ruang tunggu


Brosur-brosur.. Ada yang berminat ikut les bahasa Rusia? ^^


Saat masuk ke dalam melewati ruang tunggu, dekorasina indah


Beberapa foto yang dipajang menghiasi dinding pusat kebudayaan Rusia. Kebanyakan merupakan foto-foto yang menceritakan tentang perang dan kemenangan saat perang usai


Sepertinya ini adalah salah satu artikel mengenai salah seorang yang berjasa saat perang, pahlawan bagi Rusia


Foto-foto dokumentasi persahabatan Rusia dengan Indonesia


Lukisan ini besar sekali.. ^^ Nanti akan banyak orang yang foto di sini karena lukisan ini jadi seperti pemandangan di luar jendela



Pajangan-pajangan khas Rusia


Buku-buku Rusia, dengan bahasa Rusia (tentu saja) ;D


Tampaknya seperti majalah Rusia-Indonesia, karena di depan majalah tersebut tertulis "60 Tahun Hubungan Diplomatik Rusia-Indonesia"


Peringatan di depan perpustakaannya. Sayang perpustakaannya ditutup. Karena acara ini diadakanna pada hari Minggu :(


Preparation

Puas melihat-lihat, baru aku membantu teman-temanku menyiapkan acara. Aku menyiapkan makanan kecil berupa risol untuk para peserta.

Kue ini tampak enak.. Sayang ngga boleh kuicip-icip dulu xDD

Persiapan makanan kecil untuk coffee break ^^

Walaupun acaranya bekerja sama dengan KBR, makanan yang disajikan adalah makanan kecil khas Indonesia. Sehingga suasana Rusia-Indonesianya lebih terasa ^^ *alasan karena ngga mungkin mendapatkan makanan ala Rusia*

Pritha si seksi konsumsi. Dihadapannya adalah minuman-minuman saat coffee break nanti.

Oh iya, ada Nescafe yang berasal dari Rusia loh ^^ Hm.. Setelah kucicipi, rasana sama dengan Nescafe Indonesia.. Atau lidahku memang ngga bisa membedakan rasa ya? *meragukan lidah sendiri*

Pritha ketahuan yaa ngembat risol.. x((


Aduh.. Kalian malah makan di pantry.. x(((((


Mona dan Iin yang mengurus registrasi para peserta ^^


Form registrasi


Musola dadakan


Karena di sana ngga ada musola, maka panitia inisiatif membawa perlengkapan solat seperti mukena dan sajadah. Di bawah tangga di tengah-tengah para pajangan boleh dijadikan musola dadakan oleh Mbak Dian ^^ Alhamdulillah ternyata musola dadakan ini sangat berguna sekali.

Ini adalah panggung sekaligus layar putih untuk memutar film


Nanti para peserta menonton dari sini ^^ Ruanganna lebih nyaman dari yang kubayangkan

Sesi Pertama: Pembahasan Seputar Sejarah Film di Rusia
Agenda acara hari ini ada dua. Yang pertama adalah pembahasan seputar sejarah film di Rusia, dan setelah coffee break dan solat, sesi keduanya adalah menyaksikan film The Cranes Are Flying.

Diskusi akan dimulai. Tiga orang di depan adalah Mas Irfan (MC dari KKI, Bahasa Inggrisna jago jadi beliau yang di depan ;D), pembicara (aku lupa namana T_T maaf yaa, Pak), dan (kalau ngga salah) pembicara dari KBR (aku lupa namana, Miss, maaf yaa T_T) *mengakui sangat bodoh dalam mengingat nama*


Acara diskusi berjalan dengan baik ^^


Para peserta.. Ehm, sepertina ada yang mengantuk xDD


Yang di depan itu Bapak Kedubes Rusia untuk RI ^^ Serius mengikuti jalanna diskusi juga :D


Para panitia mengintip jalanna diskusi. Karena beberapa panitia ngga bisa masuk ke dalam karena harus stand by di luar (termasuk aku yang mengurusi registrasi)


Russian Intelligent Agency.
Hehehe bukan deh, kausna saja xDD Ternyata Rusia memiliki fansnya sendiri di Indonesia loh. Sama misalna dengan beberapa orang yang ngefans dengan Jepang.


Penyerahan Plakat

Sebagai tanda terima kasih KKI kepada KBR karena adanya acara kerja sama ini, KKI menyerahkan plakat pada KBR :)

Plakatna ^^


Penyerahan plakat kepada KBR oleh perwakilan KKI, Chaka, selaku ketua pelaksana


Foto Bersama dan Coffee Break
Setelah acara sesi pertama selesai dan ditutup dengan penyerahan plakat, kami berfoto bersama sebelum menikmati hidangan coffee break. Kami maksudna para peserta, pihak KBR, dan panitia KKI :D


Foto setelah selesai acara diskusi beserta Dubes Rusia
(kelihatan ngga yang tinggi dan bule sendiri :D)


Atas permintaan Bapak Dubes yang pingin kita foto di depan tangga, kami pun berfoto di depan tangga ^^ Namun kali ini Bapak Dubes ngga ikut, beliau hanya memperhatikan di depan.

Saat berfoto di depan tangga ini, Bapak Dubes berkata dengan semangat, "V for victory!" Lalu tangannya membentuk huruf V. Hal yang kita tahu bahwa makna dari tangan membentuk huruf V adalah peace, ternyata bagi beliau, maknana victory ^^ Lalu otomatis kita semua tertawa dan tangan pun membentuk huruf V. Tapi aku ngga menemukan foto itu dimana-mana T_T *pakai kamerana siapa yaa?*

Oke.. Saat yang dinanti-nanti ^^ Coffee break! Pasti sudah pada kelaparan bukan? :D

Suasana saat coffee break

Yang mau solat pun, pada solat ^^ Alhamdulillah semuanya lancar.

Sesi Kedua: Pemutaran Film The Cranes Are Flying

Usai coffee break, para peserta kembali ke ruang aula untuk menikmati acara utamanya, yaitu menonton film The Cranes Are Flying ^^ Lampu dimatikan, film pun diputar dan ditampilkan di layar dengan menggunakan proyektor.

Snap shot yang menonton dengan serius ^^


Jati, Iin, dan Pritha. Kalian menonton di belakang ya?? Aku menonton di depan sendirian T_T

Quiz after the movie


Setelah film selesai diputar, diadakanlah kuis. Pertanyaanna ngga jauh-jauh seputar film. Misalna dalam film tersebut, apakah panggilan sayang Boris kepada Veronika? Jawabanna adalah Squirrel (tupai). Veronika sangat menyukai tupai. Boris sendiri menghadiahi Veronika boneka tupai saat Veronika berulang tahun, hari yang sama dimana Boris harus pergi untuk menjadi seorang relawan perang. Sifat Boris yang berjiwa patriot membuatnya ingin menjadi relawan perang T_T Filmna membuat terharu..

Oh iya, kuisna ada tiga. Dan hadiahna adalah..

Hadiah kuis


Hadiah kuis adalah boneka seperti gambar di atas. Bukan, yang di atas itu adalah milik KBR, hanya untuk dipajang. Namun Citra, temanku, menemukan boneka sejenis berwarna biru. Aku ngga tahu dia mendapatkanna dari mana, yang pasti aku ingin sekali satu dari boneka itu.. Namun tidak diperbolehkan karena boneka itu untuk pemenang kuis T_T Bahkan aku ngga boleh ikut kuisna *contoh panitia yang ngga tahu diri*

Setelah pembagian hadiah untuk para pemenang kuis, selesailah acara kita hari ini ^^ Alhamdulillah cukup sukses dan berjalan dengan lancar. Ngga lupa kita mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat. Yaitu Bapak Duta Besar Rusia, para pembicara, pihak-pihak dari KBR (Mbak Dian, Mas yang membantu tehnikal pemutaran film, bapak satpam yang baik hati), serta para peserta yang datang meskipun hujan deras mengguyur ^^ Terima kasih banyak semua.

Ngga lupa, terima kasih untuk para panitia a.k.a. teman-teman KKI yang bekerja keras untuk menyelesaikan acara ini. Acara ngambek-ngambekan, kadang malas rapat, ada acara lain, mewarnai persiapan acara ini. Tapi terima kasih kalian ^^ You're all so great!

Di Balik Layar
Mau tahu siapa saja yang ada di balik layar acara ini? Panitia-panitia yang narsis tentuna.. Hahaha..

Kartu panitiaku ^^


Mona, Iin, Mamon


Duta, Iin, Mamon (aku dan Duta ganti-gantian memotret xDD)


Duta memakai pin KKI ^^, I didn't bring mine :(


Bernarsis ria di depan meja registrasi


Serius sekali mereka :D


Tas para panitia


Gelas-gelas diberi nama supaya ngga tertukar xDD Ini gelasku, Chaka, dan Datuk.. Eh, Duta (kenapa namana jadi Datuk ya?)


Tampakna sih sibuk, padahal aku, Citra, dan Duta berpikir untuk foto dengan plakat xDDD


Akhirnya foto xDD


Iin dan Mamon juga mau foto dengan plakat


Akhirnya semua ikutan foto dengan plakat (ini plakat jadi terkenal ya)


Salah satu fotografer KKI, Muhammad. Dia betul-betul dari Arab. Kalau Cinta Laura bicara Indonesia dengan logat Inggris, Muhammad bicara Indonesia dengan logat Arab (beneran loh) ^^


Fotografer KKI juga. Kedua fotografer di atas jarang fotona karena merekalah di balik kamera ;D *terima kasih banyak yaa*


Yang memegang kamera itu Mbak Dian


Ada yang sadar kamera xD


Eh yang ini juga sadar kamera xDDD


Kumpul setelah acara untuk review acara tadi


Ini dia kita semua.. ^^ Belum semua anak KKI di sini (salah satunya yang mengambil gambar tentuna hahaha), ada beberapa yang ngga datang karena ada acara lain

Great job, Guys! ^^

Tunggu acara KKI selanjutna ;) V for victory.. ^o^v


Sumber foto: Kameraku dan kamera beberapa teman-teman KKI yang foto-fotona aku copas dari Facebook mereka (minta ya, teman-teman xDD)



Love and Peace,
-MoNa-

6 CommentsChronological   Reverse   Threaded
nitafebri wrote on Jun 15, '10
wuaaah panjang banget reportasenya mona..
Komunitasnya bagus tuuh..
Siapa aja nih yang boleh gabung? hanya khususkah?

Oiya klo untuk Rusia mah saya suka boneka beranak itu
asik aja di mainin, karena di buka ada lagi.. ada lagi..:D
biliksukma wrote on Jun 15, '10
wwah menarik sekali sepertinya, sangat di sayangkan saya tidak hadir.. T-T
mooncatz wrote on Jun 15, '10, edited on Jun 15, '10
nitafebri said
wuaaah panjang banget reportasenya mona..
Komunitasnya bagus tuuh..
Siapa aja nih yang boleh gabung? hanya khususkah?

Oiya klo untuk Rusia mah saya suka boneka beranak itu
asik aja di mainin, karena di buka ada lagi.. ada lagi..:D
siapa aja boleh ikut kok ^^ terbuka untuk umum. oh kepanjangan ya (>.<") maaf ya.. hiks.. iya boneka Rusiana lucu.. sayang ga boleh minta T_T
mooncatz wrote on Jun 15, '10
wwah menarik sekali sepertinya, sangat di sayangkan saya tidak hadir.. T-T
next time kalo ada event lagi ikut yaa ^^
mfanies wrote on Jun 16, '10
woo..keren acaranya yah..seru ada C.C.C.P jg.....
filmnya masi hitam putih yah
mooncatz wrote on Jun 16, '10
mfanies said
woo..keren acaranya yah..seru ada C.C.C.P jg.....
filmnya masi hitam putih yah
iya seru ^^ iya, umur filmna lebih tua dari pada umur kita, Yo.. hihihi

 
 
Posted on MP: 16 May 2010
 
 

0 comments:

Post a Comment