Welcome to my blog, hope you enjoy reading :)
RSS

Wednesday, September 19, 2012

Pandawa Lima



Salah seorang teman kantorku yang bernama Billy adalah penggemar wayang. Setelah ngobrol-ngobrol sama dia, rupanya dia punya buku Mahabharata, dimana sewaktu kecil aku malas sekali nonton filmnya.

Kupikir Mahabharata itu adalah cerita sejarah. Rupanya ada pengarangnya ya xDD Dari India ya kalau ngga salah? Ceritanya sampai ke Indonesia dan dipakai dalam dunia perwayangan.

Oh iya, pengetahuanku mengenai dunia perwayangan itu sangat minim xDD Jadi kalau ada hal-hal yang umum mengenai dunia perwayangan tapi aku ngga tahu, dimaklumi yah xDD

Akhirnya karena kebodohanku, Billy meminjamiku buku Mahabharata karangan RA. Kosasih berupa komik. 


Komik Mahabharata karangan RA. Kosasih


Daftar buku karangan RA. Kosasih
Pinjam semuanya yaa, Bil :DD


Ternyata bukunya seru ^^ Dan.. Ehm, aku baru tahu kalau Pandawa Lima terdiri dari Bima yang memiliki gada besar, Arjuna yang jago memanah, Yudhisthira yang bijaksana dalam pemerintahannya, dan si kembar Nakula dan Sadewa xDD Kalau Kurawa, aku ngga hapal. Dan aku juga baru tahu kalau Gatot Kaca ternyata anaknya Bhima, dia setengah raksasa xDD


Pandawa Lima


Hm.. Jadi ingat, di Museum Wayang di Kota Tua kan ada garis keturunan mereka lengkap. Ini buku jadul sekali ya.. Salut sama Billy yang masih menjaga buku ini dengan baik :) Kusampul ya, Bil. Biar cover depannya awet.

Oh iya, ternyata ada perbedaan antara kisah Mahabharata dengan kisah wayang di Indonesia.

Sekarang Billy sudah resign. Tapi jangan resign pinjemin lanjutan bukunya ke aku yah. Hihihi.. :D

Jum'at nih.. Happy weekend, anyone ^^


Love and Peace,
-MoNa-


20 CommentsChronological   Reverse   Threaded
sukmakutersenyum wrote on Feb 11, '11
kukira Ramayana dan Mahabarata itu sejarah hahahahaha
mooncatz wrote on Feb 11, '11
kukira Ramayana dan Mahabarata itu sejarah hahahahaha
hahaha.. samaaaaaaa xDDD senengnya ada temen yang sama-sama ngga tahu x))
sukmakutersenyum wrote on Feb 11, '11
mooncatz said
hahaha.. samaaaaaaa xDDD senengnya ada temen yang sama-sama ngga tahu x))
wuahahahahahahahahah
senengeeee :p
depingacygacy wrote on Feb 11, '11
Arjuna iku cakep..................katanyaaaa.....
:-))
mooncatz wrote on Feb 11, '11
wuahahahahahahahahah
senengeeee :p
hihihi.. kayanya aku harus pinjem komik Ramayana juga nih biar ga buta sama Ramayana juga xDDD
mooncatz wrote on Feb 11, '11
Arjuna iku cakep..................katanyaaaa.....
:-))
kalo di komik kayanya mukanya sama semua, Mbak xDD
cinderellazty wrote on Feb 11, '11
eehh mau donk minjemin buku k kamu mon, biar disampul XD :)) hahaa
johaneskris wrote on Feb 11, '11
bangga! saya senang karena ada yg masih suka sama wayang...
afsharry wrote on Feb 11, '11
aku kunthi, ibunya pandawa 5..

*rapihin.poni
rirhikyu wrote on Feb 11, '11
Idem sama jo :)
mooncatz wrote on Feb 11, '11
eehh mau donk minjemin buku k kamu mon, biar disampul XD :)) hahaa
eh mau dunks pinjem :D Anty punya buku apa aja?

*simbiosis mutualisme* =))
mooncatz wrote on Feb 11, '11
bangga! saya senang karena ada yg masih suka sama wayang...
ah.. saya masih awam xDD baru aja baca hihihi. iya, ternyata bagus
mooncatz wrote on Feb 11, '11
afsharry said
aku kunthi, ibunya pandawa 5..

*rapihin.poni
aku pernah baca jurnalmu mengenai ini (-_-") apalah arti sebuah nama? wakakakaka

*kabur*
mooncatz wrote on Feb 11, '11
rirhikyu said
Idem sama jo :)
kelihatan dari themesna Mbak Feb yang batik :) pasti suka batik & wayang ^^
museliem wrote on Feb 11, '11
Ayo mon ke museum wayang lagi.. :)
darnia wrote on Feb 11, '11
iyaaaaaaaaaa
ke museum wayang jangan cuma poto2 doang *disambit*
baca-baca juga sejarahnya.... XD

kalo gak salah di Indonesia ada penambahan tokoh Punakawan, yang terdiri dari Semar, Gareng, Petruk dan Bagong. Mereka disebutkan sebagai pelayan Pandawa *koreksi yah kalo gw salah*

btw, gatotkaca itu emang asli dari India? Bukannya sama dengan Punakawan?
mooncatz wrote on Feb 11, '11
museliem said
Ayo mon ke museum wayang lagi.. :)
yoookkkk ^^
mooncatz wrote on Feb 11, '11
darnia said
iyaaaaaaaaaa
ke museum wayang jangan cuma poto2 doang *disambit*
baca-baca juga sejarahnya.... XD

kalo gak salah di Indonesia ada penambahan tokoh Punakawan, yang terdiri dari Semar, Gareng, Petruk dan Bagong. Mereka disebutkan sebagai pelayan Pandawa *koreksi yah kalo gw salah*

btw, gatotkaca itu emang asli dari India? Bukannya sama dengan Punakawan?
yukk sekarang saatnya membaca sejarahnya :))

oh.. Petruk dkk itu pelayannya Pandawa ya? :D sejauh yang gw baca mereka belum muncul di Mahabharata

Gatot Kaca ada di Mahabharata :D dia anaknya Bima. Bima kan menikah dengan wanita dari keturunan raksasa. Kalau versi India ini, si wanita walaupun keturunan raksasa tapi wujudnya manusia. Sedangkan kalo versi wayangnya, si wanita wujudnya raksasa
ayanapunya wrote on Feb 11, '11
taunya cuma yang versi india. dulu diputar di TPI..hehehe
mooncatz wrote on Feb 11, '11
taunya cuma yang versi india. dulu diputar di TPI..hehehe
iya dulu ada di TPI.. sayang dulu aku ga pernah nonton T_T

 
 
Posted on MP: 11 Feb 2011
 
 

0 comments:

Post a Comment