Welcome to my blog, hope you enjoy reading :)
RSS

Thursday, September 13, 2012

Pasar Kopro, Pasar Tradisional



Entah kenapa, kemarin malam aku pingin sekali makan soto mie Juned di pasar Kopro.

"Ma, besok pagi ke pasar Kopro yuk, kita makan soto."

"Yuk!" Kata mamaku.

Keesokan harinya, aku dan mama sudah bangun pagi untuk makan soto mie Juned di pasar Kopro. Harus pagi-pagi memang. Sebab kalau sudah kesiangan, soto mienya sudah habis.

Soto mie yang kumaksud terletak di lantai 2 pasar Kopro. Dari tangga jalan, terus ke kanan. Lurus saja. Melewati para penjual ember, sapu, dan kebutuhan rumah tangga lainnya. Nanti akan ada beberapa penjual makanan. Di situlah soto mienya berada. Selalu ramai.




Sayang sekali, kemarin ini masih banyak toko yang belum buka di pasar Kopro pasca Lebaran. Termaksud soto mie Juned yang kumaksud :(

"Kita makan soto Andayani saja yuk," ajak mamaku.

Soto Andayani adalah soto ayam yang juga enak. Letaknya sama-sama di lantai 2 pasar Kopro. Alhamdulillah soto Andayaninya ada. Aku dan mamaku langsung pesan.

Melihat ke sekeliling (dan berkeliling setelah makan soto), ternyata banyak yang ngga berubah dari pasar Kopro. Barisan penjualnya tetap sama. Penjual kain lap yang sama. Satpam yang sama. Dan minuman rasa jeruk yang sama. Aku dan mama tertawa-tawa saat melihat minuman jeruk itu. Setiap ke pasar Kopro dengan Opung perempuanku saat aku kecil dulu, beliau pasti membelikanku minuman itu.

Iya, saat kecil aku sering kesana menemani Opung perempuanku belanja. Hampir terhapus dari memori bahwa barang-barang di sana murah-murah. Melihat ke setiap sisi pasar, jadi flash back ke masa kecil. Aih, jadi kangen sama almarhumah Opung perempuanku..

Oke oke, balik ke pasar Kopro, di lantai bawah di dekat tangga itu ada penjual emas langganan Opungku. sampai sekarang, keluargaku kalau jual-beli emas di sana. Karena kebiasaan juga :) Lagipula orangnya baik.

Di lantai satu di belakang tangga itu terdapat jajaran toko kosmetik. Ada satu toko langganan Opungku juga. Kemarin aku beli kosmetik di sana, harganya lebih murah dibandingkan dengan di supermarket. Bisa ditawar juga (yippeee..!). Hm.. Tapi..

"Ma, suppliernya beneran apa barang yang ngga asli ya?" Bisikku.

"Kalau yang di sini Insya Allah asli kok." Jawab mamaku.

Oh.. Aku lega ^^ Tulis di pikiran kalau beli kosmetik di sana saja.

Di dekat tangga atas ada yang menjual kelinci. Subhanallah, penjual kelinci yang sama. Aku ingat pernah membeli kelinci berwarna abu-abu di sana saat aku sekitar kelas 1 SD. Kata temanku, kalau beli kelinci yang matanya warna hitam. Kalau yang matanya merah, dia cepat mati. Tapi hal itu ngga berpengaruh padaku, kelinciku cepat mati (-_-") Baru saat kemarin ini membaca jurnal Omali tentang kelinci, aku paham kenapa dulu kelinciku cepat sekali mati.

Di pasar Kopro lantai 1 juga terdapat beberapa toko yang menjual peralatan stationary. Dan aku senyum-senyum sendiri mendapatkan kertas kado seharga Rp 1.500,- xDD Tulis di pikiran kalau butuh stationary kesini saja. Saat mataku menjelajahi toko tersebut, stationary yang dijual ngga kalah dari toko buku yang ada di mal :)

Kue-kue berbentuk kelinci, kura-kura, dan bentuk lainnya yang pasti disukai anak kecil pun tokonya masih ada.. T_T Terharu.. *beli semua tiap bentuk* *kalap*

Sayang kemarin ngga bawa apa-apa yang bisa digunakan untuk memfoto setiap sudut pasar Kopro yang membuatku flash back ke masa kecil.. :) Tapi aku jelajahi internet, ternyata ada yang memposting pasar Kopro secara lengkap. Ada di sini ^^ Monggo berkunjung ke blognya dia kalau ingin lihat gambar-gambarnya.

... jadi kangen ke pasar Kopro dengan Opung perempuanku :')


Love and Peace,
-MoNa-


14 CommentsChronological   Reverse   Threaded
evanda2 wrote on Sep 17, '10
kata mamah enakan soto mie yg dibawah , yg samping ... Jd kangen ps kopro jg...
akinaspeedstar wrote on Sep 17, '10
bagi mon >:-D
mooncatz wrote on Sep 17, '10
evanda2 said
kata mamah enakan soto mie yg dibawah , yg samping ... Jd kangen ps kopro jg...
waahh.. pernah ke pasar kopro juga ya ^^ soto mie yang di bawah *dicatat* siap kuliner lagi :))
mooncatz wrote on Sep 17, '10
bagi mon >:-D
yuk, gw traktir deh kalo mau :D
itsmearni wrote on Sep 17, '10
pasar kopro, dimana tuh mbak?
itapage wrote on Sep 17, '10
dulu sering ke pasar kopro deket grogol kan, jakbar. Krn pernah tinggal dh bukde di Jkt. Kebetulan mrk punya toko pecah belah disana. Cb difoto pasarnya
destipurnamasari wrote on Sep 17, '10
soto mie ntu gak pake' nasi ya ??
mooncatz wrote on Sep 17, '10
itsmearni said
pasar kopro, dimana tuh mbak?
di Tanjung Duren, Mbak :D daerah Jakarta Barat
mooncatz wrote on Sep 17, '10
itapage said
dulu sering ke pasar kopro deket grogol kan, jakbar. Krn pernah tinggal dh bukde di Jkt. Kebetulan mrk punya toko pecah belah disana. Cb difoto pasarnya
iya, deket Grogol, Mbak :D wahh pernah kesana juga yah ^^ toko pecah belah punya Budena masih ada, Mbak?

iya aku ngga foto :( tapi dilink ini foto-fotona cukup lengkap: http://papilukas.blogspot.com/2008/08/pasar-kopro.html :D
mooncatz wrote on Sep 17, '10
soto mie ntu gak pake' nasi ya ??
boleh pake nasi boleh ngga :) tapi enakan pake nasi biar kenyang :D soto mie itu isinya biasanya isinya ada mie, daging, sama risol ^^ beda sama soto ayam, ngga pake risol
destipurnamasari wrote on Sep 17, '10
mooncatz said
boleh pake nasi boleh ngga :) tapi enakan pake nasi biar kenyang :D soto mie itu isinya biasanya isinya ada mie, daging, sama risol ^^ beda sama soto ayam, ngga pake risol
hmm kayak dah nempel dilidah rasanya,, enak.
mfanies wrote on Sep 18, '10
ngiler jadinya mon...laper...wkwkwkw
ohh..kosmetik yah...mesti waspada jg itu...kuatirnya palsu T_T
mooncatz wrote on Sep 18, '10
hmm kayak dah nempel dilidah rasanya,, enak.
enaaakkk ^^ risolna itu loh, besar-besar.. ngga pake nasi pun sebenerna kenyang ^^ ayo, Desti, kalo main ke tempatku nanti kutraktir deh :D
mooncatz wrote on Sep 18, '10
mfanies said
ngiler jadinya mon...laper...wkwkwkw
ohh..kosmetik yah...mesti waspada jg itu...kuatirnya palsu T_T
hahaha kapan-kapan gw ajak :D iya, Yo, yang ini Insya Allah dia ambilna memang dari supplierna :) soalna yang beli banyak & rame ^^

 
 
Posted on MP: 17 Sep 2010
 
 

0 comments:

Post a Comment