Welcome to my blog, hope you enjoy reading :)
RSS

Monday, September 3, 2012

PT KA Hapus Perjalanan KA Parahyangan





Sumber: Yahoo! News

Liputan6.com, Bandung: PT Kereta Api menghapus seluruh jadwal perjalanan KA Parahyangan jurusan Bandung-Jakarta mulai 27 April mendatang. "PT KA hanya mengoperasikan satu jenis KA eksekutif untuk koridor Bandung-Jakarta yakni KA Argo Gede," kata Vice President Pemasaran Angkutan Penumpang, Husein Nurroni di Bandung, Jawa Barat, Jumat (16/4).
Menurut Nurroni, keputusan penghapusan semua jadwal perjalanan KA Parahyangan dilakukan setelah kajian cukup lama dan telah dicoba dengan diskon tarif, namun hasilnya okupansi penumpang masih rendah yakni di bawah 50 persen. Rendahnya okupansi KA Parahyangan itu berlaku baik untuk pemberangkatan Bandung maupun Jakarta. KA itu hanya penuh pada week end saja.
Dalam koridor jarak pendek Bandung-Jakarta memang waktu tempuh lebih lama daripada tol Cipularang, meski pada jam-jam peak hour tentu waktu tempuh KA masih unggul. "Untuk perubahan jadwal itu, PT KA akan melakukan rescheduling untuk KA Argo Gede, bila perlu dengan diskon tarif pada jam-jam tertentu. Argo Gede melayani penumpang di Cimahi, Padalarang, Purwakarta, Bekasi dan Jatinegara," katanya.
Setelah melakukan rescheduling akan dilakukan penambahan rangkana kereta bisnis pada jam-jam tertentu mengakomodir penumpang kelas bisnis di KA Parahyangan. Sementara itu rangkaian KA Parahyangan itu akan dipakai untuk melakukan ekpansi dengan mengoperasikan KA Malabar Bandung-Malang mulai 30 April 2010 untuk memenuhi kebutuhan konsumen di jalur itu.(JUM/Ant)
-----------
Jadi ingat sewaktu aku kelas 2 SMU, saat itu sekitar tahun 2001 atau 2002. Liburan sekolah, untuk pertama kalinya aku naik kereta api sendiri ke Bandung, ke rumah tanteku. Kenalan sama teman duduk di kereta. Dan bahkan aku diantar keliling Bandung olehnya (tanteku kerja, aku ke Bandung memang ngga weekend).
Bagi anak rumahan seperti aku, ke Bandung sendiri naik kereta adalah pengalaman yang cukup menegangkan. Hahaha.. (padahal diantar mama dari stasiun Jakarta dan dijemput tante di stasiun Bandung, di kereta cuma duduk manis).
Kereta yang kunaiki waktu itu ternyata akan diberhentikan pengoperasiannya. Aku yakin untuk beberapa orang, kereta api ini membawa banyak memori sendiri, seperti yang kubaca di Twitternya Dewi Lestari dua hari lalu. Salah satu penulis favoritku itu membagi pengalamannya seputar suka dan duka menaiki kereta api ini.
Tampaknya memang di dalam hidup, kita harus siap kehilangan ya.. Selamat tinggal KA Parahyangan..

Love and Peace,
-MoNa-

4 CommentsChronological   Reverse   Threaded
candlellight wrote on Apr 19, '10
heuheu... ku juga waktu di Bandung kalo ada kerjaan ke jakarta lebih seneng naik KA mba'...
rhedina wrote on Apr 19, '10
Ah untung masih ada Argo Gede yaa...rencananya anak2 mau diajak 'nyicipin' kereta api di Indonesia Jakarta - Bandung , kalau pulkam nanti .)
mooncatz wrote on Apr 20, '10
heuheu... ku juga waktu di Bandung kalo ada kerjaan ke jakarta lebih seneng naik KA mba'...
iya, dengan kereta sampainya lebih cepat jadi ngga banyak kehilangan waktu ^^
mooncatz wrote on Apr 20, '10
rhedina said
Ah untung masih ada Argo Gede yaa...rencananya anak2 mau diajak 'nyicipin' kereta api di Indonesia Jakarta - Bandung , kalau pulkam nanti .)
iya, untungnya, Mbak ^^ wah, anak-anak biasanya senang kalo naik kereta hihihi
 
 
Posted on MP: 19 Apr 2010
 
 

0 comments:

Post a Comment