Welcome to my blog, hope you enjoy reading :)
RSS

Monday, September 3, 2012

Riset: Multivitamin Naikkan Risiko Kanker



Sumber: Yahoo! News


Riset: Multivitamin Naikkan Risiko Kanker

VIVAnews – Perempuan yang mengonsumsi multivitamin tiap hari berpotensi mengidap kanker payudara. Demikian menurut studi yang dilakukan lebih dari sepuluh tahun terhadap 35 ribu perempuan oleh tim peneliti Karolinska Institute, Swedia, yang dimuat dalam jurnal the American Journal of Clinical Nutrition.
Penemuan tersebut mengguncang industri kesehatan Australia yang terus mendesak agar konsumen multivitamin tidak panik. Dalam penelitian tersebut, para peneliti menemukan bahwa mereka yang secara rutin mengonsumsi pil multivitamin meningkatkan risiko tumbuh tumor hingga 19 persen.
Hasil penelitian ini, seperti dikutip dari laman news.com.au, Minggu 18 April 2010, sangat mengkhawatirkan dan memerlukan penyelidikan lebih lanjut. Banyak perempuan justru mengonsumsi multivitamin karena yakin suplemen tersebut bisa mencegah penyakit-penyakit kronis seperti kanker.
Secara biologis, pendapat tersebut dapat dijelaskan demikian. Mengonsumsi suplemen vitamin dan mineral secara signifikan meningkatkan kerapatan atau kepadatan jaringan payudara yang merupakan faktor risiko tinggi pemicu kanker payudara. Asam folat, yang sering terkandung dalam bentuk padat dalam multivitamin, juga mampu meningkatkan pertumbuhan tumor.
Penemuan para peneliti Swedia ini disambut para pakar kesehatan Australia dengan ketertarikan dan kewaspadaan. Kanker payudara merupakan kanker paling umum diidap perempuan di Australia. Lebih dari 12 ribu wanita di Australia mengidap tumor ganas yang menewaskan lebih dari 2.700 perempuan tiap tahun. Satu dari sembilan perempuan di “Negeri Kanguru” tersebut akan didiagnosa mengidap penyakit mematikan ini pada usia 85 tahun.
“Hasil dari studi prospektif ini mengungkapkan bahwa penggunaan multivitamin bisa meningkatkan risiko kanker payudara,” kata ketua tim peneliti, Susanna Larrson.
Multivitamin termasuk bisnis besar di Australia. Produsen terkemuka multivitamin, Blackmores, bahkan meraup laba sebesar A$30,6 juta sebelum pajak untuk tahun fiskal tahun lalu. Sejumlah ahli gizi dan diet telah menegaskan bahwa suplemen tidak diperlukan karena tubuh manusia lebih mudah menyerap nutrisi dari makanan dibanding dari suplemen.
-----------

Jadi serba salah ya membacanya. Di samping kita butuh multivitamin untuk memenuhi kebutuhan vitamin, ternyata ada efek sampingnya. Memang, yang terbaik adalah mengkonsumsi vitamin alami yang berasal dari sayur dan buah.


Mie goreng pakai bayam dan wortel favoritku. Sehat ngga ya? xD



Love and Peace,
-MoNa-

6 CommentsChronological   Reverse   Threaded
cinderellazty wrote on Apr 20, '10
jfs monce, baca di yahoo kah? tadi pagi aku juga baca,,, iiihh sereem ya moncee.... monceu gimana? tuan rumah UI nya? :p
mooncatz wrote on Apr 20, '10
jfs monce, baca di yahoo kah? tadi pagi aku juga baca,,, iiihh sereem ya moncee.... monceu gimana? tuan rumah UI nya? :p
iya, baca di Yahoo ^^ hm.. tuan rumah ya.. *tiba-tiba ngga pede* (>.<")
cinderellazty wrote on Apr 20, '10
yahyah moncee... ;)
farikhsaba wrote on Apr 20, '10
Hmmm... bagaimana efeknya pada laki-laki...
mooncatz wrote on Apr 20, '10
Hmmm... bagaimana efeknya pada laki-laki...
pernah baca kalau sebenarnya kanker payudara itu ngga hanya dialami oleh wanita. tapi pria juga, namun kemungkinannya kecil :D lebih baik mencegah dari pada mengobati ^^
mooncatz wrote on Apr 20, '10
yahyah moncee... ;)
:D *nyengir ajah*


Posted on MP: 20 Apr 2010


0 comments:

Post a Comment