Welcome to my blog, hope you enjoy reading :)
RSS

Monday, September 10, 2012

Tentang Asuransi





Kemarin dapat kabar kalau salah seorang teman SDku tiba-tiba masuk rumah sakit karena demamnya ngga kunjung turun. Saat ini dia juga masih di rumah sakit. Rupanya ada infeksi di tenggorokannya yang membuat leukositnya tinggi. Ngga begitu ngerti sama yang namanya penyakit :D Tapi tampaknya sakitnya cukup serius kemarin. Dan setelah penanganan, alhamdulillah hari ini dia sudah mendingan.

Kalau sedang begini, kepikiran yang namanya asuransi. Bayangan jika tiba-tiba ada kejadian ngga enak yang mengharuskanku masuk rumah sakit (semoga ngga ada kejadian ngga enak juga sih T_T) dan saat itu dana tunai ngga tersedia. Tampaknya memang perlu. Apalagi kemarin ini aku habis sakit. Untung boleh bed rest di rumah :) 

Sebenarnya perlu ngga ya asuransi itu?

Kalau pendapat pribadiku sih, perlu. Mengingat kita ngga tahu ada kejadian apa di masa depan nanti (dan semoga ngga ada kejadian apa-apa).

Awalnya aku juga kurang paham gimana kinerja dari yang namanya asuransi. Tapi kemarin ini sempat tanya sana-sini dan membaca beberapa artikel mengenai asuransi dari salah seorang pakar keuangan syariah, akhirnya aku menjadi seorang pengguna salah satu produk asuransi syariah.

Aku membayar dana yang besarnya sama setiap bulan untuk asuransi. Kemanakah dana yang kubayarkan itu? Apakah akan hilang begitu saja jika aku ternyata baik-baik saja?

Ternyata ngga. Dana itu akan kembali padaku dalam jangka waktu.. 10 tahun :D Waktu yang panjang, memang. Tapi jatuhnya jadi investasi. Jadi aku mengambil produk asuransi yang ada investasinya :D

Aku suka artikel-artikel yang ada di Yahoo! Personal Finance. Dan banyak artikel di sana yang menganjurkan kita untuk memiliki asuransi saat pertama kali bekerja. Ditambah membaca artikelnya Ahmad Gozali, membuatku membulatkan tekad untuk memiliki asuransi.

Kalau untukku sekarang sih, asuransi kesehatan dulu. Kalau asuransi pendidikan, nantilah kalau sudah punya baby hohoho. Jadilah aku tanya sana tanya sini. Asuransi apa saja yang dipakai oleh orang-orang di sekitarku. Yang agennya menyenangkan. Yang claimnya mudah (ini yang penting kan).

Akhirnya aku apply asuransi syariah yang disarankan oleh teman kantorku ini :) Setelah mas agen menjelaskan bagaimana kinerjanya, berapa investasi yang kudapat nanti, berapa pergantian jika aku sakit, rawat inap, ICU, dll.

Semoga ngga sakit juga sih. Semoga selalui diberikan kesehatan oleh Allah (amin). Tapi ngga ada salahnya sedia payung sebelum hujan :)


Sumber gambar: 


Love and Peace,
-MoNa-


18 CommentsChronological   Reverse   Threaded
genkeis wrote on Jul 24, '10
istri saya jadi agen asuransi prudential syariah ^_^
klo mau apply prudential, bisa lewat istri saya ajah ^_^ *iklan dot com ;)
anotherorion wrote on Jul 24, '10
iya ibarat sedia payung sebelum hujan tapi aku lum pernah mengasuransikan diri kecuali asuransi wajib pas perpanjangan SIM hehehe, lum ngerti benar input outputnya takutnya salah pilih asuransi malah berbelit2
azizrizki wrote on Jul 24, '10
wah
nice info mb
mooncatz wrote on Jul 24, '10, edited on Jul 24, '10
genkeis said
istri saya jadi agen asuransi prudential syariah ^_^
klo mau apply prudential, bisa lewat istri saya ajah ^_^ *iklan dot com ;)
hihihi ini dia asuransi yang kupakai ^^ suamina udah apply juga belum? ;D

buat temen-temen yang mau apply, bisa nih lewat Mas Ipin ^^
mooncatz wrote on Jul 24, '10
iya ibarat sedia payung sebelum hujan tapi aku lum pernah mengasuransikan diri kecuali asuransi wajib pas perpanjangan SIM hehehe, lum ngerti benar input outputnya takutnya salah pilih asuransi malah berbelit2
iya, memang harus dipelajari dulu sebelum ikut asuransi. selamat belajar yah :D sedia payung sebelum hujan :D
mooncatz wrote on Jul 24, '10, edited on Jul 24, '10
azizrizki said
wah
nice info mb
thank u, Ky. nanti kalau sudah memiliki penghasilan, sebaikna memang memiliki asuransi :) selain ngga lupa membayar zakat :D
caturhp wrote on Jul 24, '10
Oh gitu ya.. Aku malah belum kepikiran untuk ansuransi...
akinaspeedstar wrote on Jul 24, '10
Wa..asuransi pru syariah juga mon..sama donk..kalo aku yg tabungan, jadi gk terbatas sampe kapan..
srisariningdiyah wrote on Jul 24, '10
bener bgt :)
mooncatz wrote on Jul 25, '10
caturhp said
Oh gitu ya.. Aku malah belum kepikiran untuk ansuransi...
ngg ada salahna kok, Mas :D pakaina yang sesuai dengan kebutuhan
mooncatz wrote on Jul 25, '10
Wa..asuransi pru syariah juga mon..sama donk..kalo aku yg tabungan, jadi gk terbatas sampe kapan..
*tos* kalo yang tabungan gitu bisa diambilna kapan ya, Mip?
mooncatz wrote on Jul 25, '10
bener bgt :)
betul betul betul *ala upin-ipin*
mfanies wrote on Jul 26, '10
wah..sama jg yah..ini yg modelnya invest dan kesehatan bukan yah....
akinaspeedstar wrote on Jul 26, '10
Wa..asuransi pru syariah juga mon..sama donk..kalo aku yg tabungan, jadi gk terbatas sampe kapan..
tabungan ya seperti tabungan mon...kalo gk salah mulai 2 tahun setelah pembayaran premi pertama...
mooncatz wrote on Jul 26, '10
mfanies said
wah..sama jg yah..ini yg modelnya invest dan kesehatan bukan yah....
iya, Yo. nanti setelah 10 tahun, uangna dikembalikan :D
mooncatz wrote on Jul 26, '10
tabungan ya seperti tabungan mon...kalo gk salah mulai 2 tahun setelah pembayaran premi pertama...
premina juga tetap setiap bulan terus tabunganna juga bisa diambil, Mip? kalo gw setelah 10 tahun baru bisa diambil. kalo kaya lo, tabunganna diambilna kapan? *interest* :D
cinderellazty wrote on Jul 26, '10
pengen ikutan...
mooncatz wrote on Jul 26, '10
pengen ikutan...
ikut aja, Nty :) survey dulu mauna asuransi seperti apa. kaya aku & Mip2, perusahaan asuransina sama tapi produkna beda :D

 
 
Posted on MP: 24 Jul 2010
 
 

0 comments:

Post a Comment