Welcome to my blog, hope you enjoy reading :)
RSS

Thursday, September 13, 2012

Tips Menjaga Anak Kucing Tanpa Induk



Sore hari saat pulang ke rumah, aku melihat ada seekor anak kucing yang diletakkan di sebuah kotak sepatu di depan pagar rumahku. Anak kucing itu masih sangat kecil. Dan pastinya sangat membutuhkan induknya untuk makan.

Kutanya adikku. Jawabnya, "Iya Kak, dari tadi ada di sana. Dimasukkin ke dalam rumah saja ya, Kak? Kasihan."

Aku pun setuju dengannya. Anak kucing yang bahkan matanya saja belum terbuka dan tali pusarnya masih ada itu kita masukkan ke dalam rumah.

Anak kucing itu ngga berhenti mengeong. Dia pasti lapar. Setengah panik, aku kirim message di quick note MP dan status FBku. Alhamdulillah dapat feedback dari Mbak Yunie dan Ade ^^ Terima kasih saran-sarannya ya..

Sekarang aku mau merangkum saran-saran itu :) Siapa tahu berguna untuk yang lain.


Tips Menjaga Anak Kucing Tanpa Induk
 

1. Berikan susu bayi (seperti SGM). Susu untuk anak-anak tapi bukan susu formula. Dengan perbandingan 1:6 (seencer mungkin).

2. Susu bayinya diberikan sedikit-sedikit namun sering. Sekitar 3-4 jam sekali. Sehari 4-5 kali.

3. Dikasih susunya diusahakan pakai suntikan. Kalau ngga ada suntikan, pakai pipet. Kalau ngga ada pipet, pakai sedotan. Kalau ngga ada juga, pakai sendok kecil ;D

4. Cara memberinya susu, mulutnya dibuka pelan-pelan. Susu diberikan dari pinggir mulut. Jangan dari depan, nanti bisa tersedak. Pelan-pelan. Jangan masuk hidungnya.

5. Setelah dia minum susu, ambil tisu yang sudah dicemplungin ke air hangat, lalu ditutul-tutulkan ke alat pipis si kucing supaya dia pipis. Biasanya induknya yang bertugas menjilat-jilatnya supaya dia pipis. Nanti tisunya jadi kekuningan, tandanya dia sudah pipis :) Karena dia belum bisa pipis sendiri. Kalau ngga begini, nanti dia bisa sakit.

6. Jangan membuatnya kedinginan. Tidurnya dikasih handuk kecil atau kain-kain kecil supaya dia hangat. Diberikan lampu supaya lebih hangat, lebih bagus lagi.

7. Matanya dilap pakai air hangat sehari 2 kali.

So far, sarannya itu saja :) Ada yang mau menambahkan? Silahkan.. Nanti kutambahin ^^

Terima kasih untuk dokter hewan imutnya Mbak Yunie dan dokter hewan langganannya Ade si ibu kucing ^^

Tapi.. Meskipun ada tips seperti ini, alangkah baiknya kalau anak kucing yang masih sangat kecil dan belum mampu makan sendiri seperti ini ngga dijauhkan dari induknya. Karena anak kucing itu sangat ringkih, dia mudah mati T_T Ada induknya saja belum tentu bertahan hidup. Jadi, jangan pisahkan anak kucing kecil dari induknya ya, teman-teman.

Seperti si Bocil, anak kucing yang kutemukan ada di depan rumahku itu (yes, I named it Bocil :D), kemarin siang dia mati T_T Jam 12 siang saat aku mau memberinya makan, dia sudah ngga bergerak. Padahal jam 10nya masih hidup T_T

At least sudah berusaha supaya dia tetap hidup.. Hiks.. Hiks..


Akhirnya sisa susunya diminum adikku..


Love and Peace,
-MoNa-


36 CommentsChronological   Reverse   Threaded
ohtrie wrote on Sep 12, '10
mooncatz said
Akhirnya sisa susunya diminum adikku..
hihih MOnaaaa....
endingnya bagusss....... adiknya langsung bisa bilang meong terus donggg...! :)
mooncatz wrote on Sep 12, '10
ohtrie said
hihih MOnaaaa....
endingnya bagusss....... adiknya langsung bisa bilang meong terus donggg...! :)
hahaha.. sayang dia ngga lucu, Mas.. lucuan anak kucingna :)))
thiyarenjana wrote on Sep 12, '10
makasih tipsnya yaaa...

kucing di rumah hobi banget kawin dan beranak :D
jadi tips ini sangat membantu
mooncatz wrote on Sep 12, '10
makasih tipsnya yaaa...

kucing di rumah hobi banget kawin dan beranak :D
jadi tips ini sangat membantu
sama-sama, Mbak Thiya :D sama, di rumah juga kucingku hobi punya anak (-_-") tapi dia kalo bukan anak sendiri, ngga mau menyusui, baunya beda mungkin ya :(
ohtrie wrote on Sep 12, '10
mooncatz said
hahaha.. sayang dia ngga lucu, Mas.. lucuan anak kucingna :)))
coba di elus elus juga deh adiknya, ntar bakalan lucu kalo dahdi elus..... :)
mooncatz wrote on Sep 12, '10
ohtrie said
coba di elus elus juga deh adiknya, ntar bakalan lucu kalo dahdi elus..... :)
errrrr...... *lirik si adik* entah kenapa rasana enggan :))) *elus si kucing*
ohtrie wrote on Sep 12, '10
mooncatz said
errrrr...... *lirik si adik* entah kenapa rasana enggan :))) *elus si kucing*
loh kenapaa...? ama adik ndiri kok enggan sihhh...
mbot wrote on Sep 12, '10
makasih infonya, dishare di twitter ya :-)
mooncatz wrote on Sep 12, '10
ohtrie said
loh kenapaa...? ama adik ndiri kok enggan sihhh...
bentukna ngga berubah, Mas.. tetep lucuan si kucing.. hahaha..

kata adik: "ih.. aku juga ngga mau dielus-elus kakak" wakakakaka.. xDDD
mooncatz wrote on Sep 12, '10
mbot said
makasih infonya, dishare di twitter ya :-)
boleh, Mas Agung ^^ sama-sama :D
azizrizki wrote on Sep 12, '10
wah
mb m0na sayang kucing yah
ohtrie wrote on Sep 12, '10
mooncatz said
kata adik: "ih.. aku juga ngga mau dielus-elus kakak" wakakakaka.. xDDD
wakakaak..
pasti adik pas ditanyain ato suruh baca ini jadi ketawa ngkak dehh.... :))
mooncatz wrote on Sep 12, '10
azizrizki said
wah
mb m0na sayang kucing yah
iya, Ki ^^ sayang banget. sekarang di rumah ada dua, namanya Item sama Cimeng :D (yang ngasih nama bukan aku) (-_-")
mooncatz wrote on Sep 12, '10
ohtrie said
wakakaak..
pasti adik pas ditanyain ato suruh baca ini jadi ketawa ngkak dehh.... :))
wakakaka.. iya, Mas, mukana udah pasang pose "awas lo pegang-pegang gw" =)))
mfanies wrote on Sep 12, '10
turut berduka cita..moga kucingnya mendapat tempat baik di sisinya

hehe..tips yg bagus...tp orang rumah kaga doyan kucing..kaga bisa miara deh
trewelu wrote on Sep 12, '10
kalo kucing di kampus dulu tiap beranak malah maem anak2nya... kata temen2, bener2 kucing jalang :D
deraisa wrote on Sep 12, '10
dulu suka melihara kucing....sekarang udah ndak.....tapi masih tetep gemes ama kucing.. :)
afsharry wrote on Sep 12, '10
turut berduka cita moki-moki (~.~)"..
rifzahra wrote on Sep 12, '10
sayangnya aku ga suka kucing, mon...heu...
mooncatz wrote on Sep 12, '10
mfanies said
turut berduka cita..moga kucingnya mendapat tempat baik di sisinya

hehe..tips yg bagus...tp orang rumah kaga doyan kucing..kaga bisa miara deh
amin.. makasih doanya, Yo :)

orang rumah senengna main Wii ya, Yo? *pasti si Ario masih asik main* :)) *kabuuurrr*
mooncatz wrote on Sep 12, '10
trewelu said
kalo kucing di kampus dulu tiap beranak malah maem anak2nya... kata temen2, bener2 kucing jalang :D
O.o tega banget kucingna.. hahaha kucing jalang.. :))) emang dasar sadis kucingna
mooncatz wrote on Sep 12, '10
deraisa said
dulu suka melihara kucing....sekarang udah ndak.....tapi masih tetep gemes ama kucing.. :)
suka kucing juga ya, Des? ^^ *tos*
mooncatz wrote on Sep 12, '10
afsharry said
turut berduka cita moki-moki (~.~)"..
T_T makasih Pepitho.. hiks hiks..
mooncatz wrote on Sep 12, '10
rifzahra said
sayangnya aku ga suka kucing, mon...heu...
hihihi iya, ada beberapa orang yang ngga suka sama kucing. biasana mereka paling males kerumahku :))
tweenarti wrote on Sep 13, '10
trims ya Mona, tips2nya. Sangat membantu...
mfanies wrote on Sep 13, '10
mooncatz said
amin.. makasih doanya, Yo :)

orang rumah senengna main Wii ya, Yo? *pasti si Ario masih asik main* :)) *kabuuurrr*
iya mon..seneng bangeds maen wii..kita di rumah olahraga bareng terus ni.....
olahraga yg menyenangkan bisa sambil maen games...kayaknya bisa buat terapi kurus...hahaha....
*kompor mode on...manasin2 mona.....wii seru.....kabuuurr
mooncatz wrote on Sep 13, '10
tweenarti said
trims ya Mona, tips2nya. Sangat membantu...
sama-sama, Mbak ^^ Alhamdulillah hehe.. tapi ya itu.. kucingna mati T_T
mooncatz wrote on Sep 13, '10
mfanies said
kayaknya bisa buat terapi kurus...hahaha....
*kompor mode on...manasin2 mona.....wii seru.....kabuuurr
owww.. *beli, ngga, beli, ngga, beli, ngga.........................*
mfanies wrote on Sep 14, '10
mooncatz said
owww.. *beli, ngga, beli, ngga, beli, ngga.........................*
beliiiiiii....hehehe......kompor2
mooncatz wrote on Sep 14, '10
mfanies said
beliiiiiii....hehehe......kompor2
errr.. *pura-pura ngga baca commentna Ario*
yuniezalabella wrote on Sep 22, '10
hiks akhirnya mati ya :(

btw, aku baru tahu lho, tentang tisu basah yang ditutul2 itu...oooo
thanks for sharing Mona
mooncatz wrote on Sep 25, '10
hiks akhirnya mati ya :(

btw, aku baru tahu lho, tentang tisu basah yang ditutul2 itu...oooo
thanks for sharing Mona
iya, Mbak, kucingna mati T_T sama-sama, Mbak Yunie ^^
poetrikurnia wrote on Dec 9, '11
aku punya pengalaman yg sama, persis seperti kamu. kejadiannya kemarin waktu aku ketemu kucing yang hampir seluruh tubuhnya dirubungi semut merah. badannya amat ringkih. aku pun berniat memeliharanya. aku langsung ketemu blog kamu, lalu melakukan smua yg kamu sarankan. pagi tadi, sepertinya si pus sedang tidur lelap, tapi sesekali bangun dan ngeong-ngeong. krn aku pikir dia haus, aku pun memberi dia susu lagi, pelan-pelan, pake air hangat. ga tau kenapa mulut dia pelan-pelan kebuka dan nafasnya melemah. aku panik, trs dia aku hangetin, aku elus-elus seluruh tubuhnya. waktu itu sesekali dia meong-meong dengan suaranya yang melemah. sesudah itu badannya ga bergerak lagi. dia mati pas ditanganku, dan aku bisa menyaksikan gimana seekor hamba allah yg lemah sedang sakaratul maut. sedih sekali... setelah itu dia aku kubur, persis setelah azan solat jumat. walopun cuma sebentar dikasi kesempatan buat pelihara dia, tp sepertinya kucing itu membawa banyak pelajaran buat aku... :')
mooncatz wrote on Dec 12, '11
aku punya pengalaman yg sama, persis seperti kamu. kejadiannya kemarin waktu aku ketemu kucing yang hampir seluruh tubuhnya dirubungi semut merah. badannya amat ringkih. aku pun berniat memeliharanya. aku langsung ketemu blog kamu, lalu melakukan smua yg kamu sarankan. pagi tadi, sepertinya si pus sedang tidur lelap, tapi sesekali bangun dan ngeong-ngeong. krn aku pikir dia haus, aku pun memberi dia susu lagi, pelan-pelan, pake air hangat. ga tau kenapa mulut dia pelan-pelan kebuka dan nafasnya melemah. aku panik, trs dia aku hangetin, aku elus-elus seluruh tubuhnya. waktu itu sesekali dia meong-meong dengan suaranya yang melemah. sesudah itu badannya ga bergerak lagi. dia mati pas ditanganku, dan aku bisa menyaksikan gimana seekor hamba allah yg lemah sedang sakaratul maut. sedih sekali... setelah itu dia aku kubur, persis setelah azan solat jumat. walopun cuma sebentar dikasi kesempatan buat pelihara dia, tp sepertinya kucing itu membawa banyak pelajaran buat aku... :')
turut berduka cita untuk kucing kecil itu ya :( iya, kucing kecil tanpa induk memang susah merawatnya T_T mesti benar-benar telaten (& sepertinya aku juga kurang telaten)

semoga kucing kecil itu tenang di sana yaa ^^ oh iya, hai, salam kenal yaa
poetrikurnia wrote on Dec 12, '11
Mungkin kalo si puss ga mati ditanganku aku ga akan sedih kaya gini. Sekarang, tiap liat fotonya aku pasti nangis dalem bgt :'( iyaa, salam kenal jg yaa :)
mooncatz wrote on Dec 13, '11
Mungkin kalo si puss ga mati ditanganku aku ga akan sedih kaya gini. Sekarang, tiap liat fotonya aku pasti nangis dalem bgt :'( iyaa, salam kenal jg yaa :)
T_T memperhatikan dia menghembuskan napas terakhirnya ya.. iya sedih hiks.. hewan peliharaan itu menyenangkan yaa, makanya kalau dia pergi rasanya gimana gitu, sedih banget

 
 
Posted on MP: 12 Sep 2010
 
 

2 comments:

extraordinary said...

saya juga mengalami hal yg sama,,5 hari kucing itu berjuang untuk hidup,,akhirnya dia mati,,saya sangat sedih sekali,,,

Mona Intariani said...

@Extraordinary: deep condolence yaa :(

Post a Comment