Welcome to my blog, hope you enjoy reading :)
RSS

Friday, May 24, 2013

Tips Keuangan



Sedang asyik browsing-browsing, sampailah ke situs Lovira.com dan mendapatkan dua artikel mengenai keuangan ini. Sepertinya bermanfaat buatku, dan semoga juga bermanfaat buat kalian ya.

-----------

Tips Keuangan Keluarga Bagi Anda Yang Baru Saja Membina Rumah Tangga

Posted on 20 May 2013 at 4:25pm

Jika anda baru saja membina rumah tangga dan memulai hidup baru bersama dengan seseorang yang sangat anda cintai, mengatur ulang rencana keuangan rumah tangga sepertinya adalah satu hal yang harus segera anda lakukan. Tentu saja, rencana keuangan anda setelah menikah berbeda dengan rangcangan keuangan saat anda masih single. Oleh karena itu, guna membantu anda untuk mengatur keuangan secara lebih baik di dalam hidup berkeluarga, berikut beberapa tips keuangan keluarga yang cukup simple dan tentunya bisa anda aplikasikan dalam kehidupan anda sehingga nantinya kesejahteraan adalah satu hal yang bisa anda dapatkan. Sebelumnya, perlu anda ketahui bahwa tips yang akan disampaikan di sini adalah tips yang sudah umum dilakukan oleh mereka yang sudah berumahtangga.

Tabungan Adalah Hal Penting Dalam Keuangan Keluarga

Tips Keuangan Keluarga Bagi Anda Yang Baru Saja Membina Rumah Tangga
photo by citibank

Pada umumnya orang yang baru saja membina rumah tangga hanya memfokuskan pendapatkan yang mereka dapatkan untuk memenuhi kebutuhan mereka. Bahkan, jika ada sejumlah uang lebih yang ternyata tidak terpakai untuk memenuhi kebutuhan mereka, mereka sering menggunakannya untuk membeli sesuatu, termasuk juga perabot yang akan digunakan untuk memenuhi tempat tinggal mereka. Sangat disayangkan bahwa mereka tidak menggunakan uang tersebut untuk tabungan yang pastinya akan berguna bagi mereka kelak. Oleh karena itu, tabungan sebenarnya adalah salah satu tips keuangan keluarga yang tidak boleh anda lupakan begitu saja, terutama karena saat ini anda tak lagi hidup sendiri. Suatu saat mungkin ada kebutuhan yang membutuhkan biaya yang cukup besar yang harus anda penuhi. Kebutuhan tersebut bisa beragam, termasuk juga kebutuhan akan tempat tinggal atau rumah dan juga kendaraan seperti mobil. Dengan adanya tabungan, semua kebutuhan tersebut tentu akan lebih mudah dipenuhi kelak. Hal ini sebenarnya adalah satu hal yang bisa membantu anda untuk mencapai kesejahteraan yang lebih baik.

Rumus Untuk Mencapai Kesejahteraan Rumah Tangga Yang Lebih Baik

Tips keuangan keluarga yang lain yang bisa anda lakukan adalah mengikuti sebuah rumus yang bisa diandalkan guna mencapai kesejahteraan rumah tangga yang lebih baik yang dilihat dari segi finansial.Rumus yang dimaksud adalah 50% pengeluaran, 30% biaya untuk segi kesenangan, dan 20% tabungan. Jika dikalkulasikan, semuanya akan mencapai angka 100%. Angka ini tidak lain dan tidak bukan adalah pendapatan yang dihasilkan oleh anda, mungkin juga ditambah dengan penghasilan pasangan anda, setiap bulannya. Cara membaca rumus terseut tentu sangatlah mudah. Uang yang anda pergunakan untuk pengeluaran anda tidak boleh melebihi angka 50% dari pendapatan anda. selain itu, anda disarankan untuk menggunakan 20% dari pendapatan anda untuk tabungan. Sisanya yang 30% bisa anda gunakan untuk biaya bersenang-senang. Dengan rumus ini, tentu akan lebih mudah bagi anda untuk mengatur keuangan anda dalam hidup berumah tangga.

Sumber: Tips Keuangan Keluarga Bagi Anda Yang Baru Saja Membina Rumah Tangga | Lovira.com http://lovira.com/tips-keuangan-keluarga-bagi-anda-yang-baru-saja-membina-rumah-tangga/#ixzz2UCYYZNJX
Follow us: @loviracom on Twitter | loviracom on Facebook

-----------

Cerdas Pangkas Anggaran Rumah Tangga

Posted on 13 Apr 2013 at 2:33pm



Merancang anggaran rumah tangga merupakan hal yang sangat esensial bagi setiap keluarga. Dengan merancang anggaran dengan se*sama, maka akan sangat membantu dalam menghitung pemasukan dan pengeluaran uang dalam kebutuhan sehari-hari. Dalam merancang anggaran, baik suami maupun istri perlu duduk bersama untuk mendiskusikan pengalokasian budget rumah tangga. Dengan berdiskusi bersama, maka akan mendapatkan kekompakan yang cepat dalam aksi penghematan anggaran.

Bagaimana cara menghemat anggaran?

Cerdas Pangkas Anggaran Rumah Tangga
photo by infojkt

Bagi sebagian keluarga, melakukan penghematan merupakan hal yang sulit. Hal ini dikarenakan pengalokasian anggaran tidak dilaksanakan dengan baik atau kurang mematuhi penganggaran yang telah didiskusikan bersama. Berikut beberapa tips yang bisa membantu Anda dan keluarga menghemat pengeluaran rumah tangga:
  1. Sisihkan pemasukan. Ketika Anda mendapatkan gaji, segera sisihkan 10-30% dari gaji tersebut untuk ditabung. Prosentase uang tersebut harus diusahakan semaksimal mungkin untuk tidak diutak-atik kecuali dalam hal yang teramat mendesak. Barulah sisa 70-90% tadi dialokasikan untuk berbagai macam pengeluaran rumah tangga.
  2. Buat list pengeluaran. Catat seluruh pengeluaran yang sekiranya akan dibutuhkan untuk bulan tersebut. Dari list ini, akan ketahuan mana pengeluaran yang penting, mana yang harus dicoret karena akan beresiko pembengkakan anggaran rumah tangga.
  3. Buat kategori pengeluaran. Pengeluaran dalam rumah tangga pasti sangat banyak, terlebih bagi keluarga yang sudah memiliki anak. Maka, setelah menyisihkan 10-30% dari pemasukandan mendapatkan daftar pengeluaran yang fix, buat kategori pengeluaran secara general, yaitu pengeluaran bulanan, mingguan, harian dan dana tak terduga. Hal ini membantu agar Anda tidak sembarangan dalam mengeluarkan uang. Jika pengeluarannya dirasa sedikit menyimpang dari target yang didiskusikan, kroscek lagi pengeluaran yang tidak terlalu penting untuk dikurangi alokasinya, misalnya jalan-jalan sekeluarga ke pusat perbelanjaan. Biasanya tempat perbelanjaan memiliki potensi besar untuk menguras pengeluaran.
  4. Mencatat pengeluaran. Jangan lupa untuk mencatat setiap pengeluaran sekecil apapun. Hal ini sangat penting untuk mengkroscek adakah penyimpangan pengeluaran dalam bulan tersebut. Jika ada yang menyimpang, maka akan segera bisa didiskusikan kembali pengeluaran lain yang mana yang akan ditekan.
  5. Catat hal yang perlu dibelanjakan. Sebelum Anda akan berbelanja, terlebih dahulu buatlah daftar barang-barang apa saja yang harus dibeli. Hal ini untuk mencegah pembelian barang-barang yang tidak perlu sehingga tidak akan membuat kantong jebol. Sebaiknya Anda juga makan terlebih dahulu di rumah sebelum berbelanja agar tidak mengeluarkan anggaran ekstra untuk jajan.
  6. Tentukan impian jangka panjang. Setiap keluarga pasti ingin memiliki sesuatu yang besar, seperti mobil bagus, rumah mewah, atau liburan keluar negeri. Dengan adanya impian jangka panjang ini, akan membuat keluarga sangat terdorong menghemat pengeluaran agar impiannya segera bisa terwujud.
Dengan mengaplikasikan tips-tips di atas, Anda juga sekaligus bisa mendidik anak-anak Anda hidup hemat sejak dini. Sebisa mungkin seluruh anggota keluarga mematuhi rancangan anggaran yang telah didiskusikan bersama agar tidak ada penggembungan pengeluaran anggaran rumah tangga.

Sumber: Cerdas Pangkas Anggaran Rumah Tangga | Lovira.com http://lovira.com/cerdas-pangkas-anggaran-rumah-tangga/#ixzz2UCYeameM
Follow us: @loviracom on Twitter | loviracom on Facebook

-----------


Love and Peace,
-MoNa-


0 comments:

Post a Comment